Pemilu

KPU Kerahkan 750 Pekerja Lakukan Sorlit Surat Suara Pemilu

CIREBON-Rencana awal 500 pekerja yang dikerahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, untuk melakukan sortir dan lipat (Sorlit) surat suara Pemilu 2024, kini ditambah 250 orang, sehingga jumlahnya menjadi 750 pekerja.
Hari pertama Sorlit surat suara Pemilu 2024, Selasa (8/1/2024) dilakukan di tiga titik gudang yang sudah disediakan. Gudang yang disiapkan KPU untuk tahapan ini adalah gudang Wadas, Plered, GOR Purbawinangun, Plumbon dan Aula BLK, Plumbon.
Adapun dari jumlah 750 personil yang disiapkan KPU Kabupaten Cirebon di hari pertama ini ada sekitar 680 personil saja yang hadir. Sedangkan sekitar 70 personel yang disiapkan tidak hadir.
Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi saat ditemui di GOR Purbawinangun, Kecamatan Plumbon mengatakan, untuk gudang Wadas akan dilakukan Sorlit surat suara untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 5, 6 dan 7. Sedangkan untuk GOR Purbawinangun dan aula BLK dilakukan Sorlit untuk surat suara Dapil 1,2,3 dan 4.

“Yang kita siapakah untuk hari pertama ini ada sekitar 750 orang, namun nanti kita lihat produktivitasnya seperti apa. Kalau dirasa efektif maka akan dilakukan evaluasi di hari kedua nanti,” ujar Sopidi.
Ia melanjutkan, personel yang dilibatkan pada tahapan Sorlit ini selain tenaga borongan, pihaknya juga sudah menyiapkan personel dari PPK untuk turut menjadi pengawas. Pengawas ini nantinya bertugas untuk mendampingi sekitar 2 kelompok tenaga borongan.

“Satu kelompoknya sendiri terdiri dari 10 orang tenaga Sorlit. Selain itu kami juga menyiapkan petugas administrasi yang bertugas memastikan berjalannya tahapan Sorlit ini baik dari pekerja maupun pengawas internal,” ungkapnya.
Sopidi juga memastikan kalau kegiatan Sorlit ini bisa berjalan dengan baik terlebih surat suara yang rusak tidak ikut terlipat. Tenaga kerja juga diharapkan lebih teliti dalam bekerja terutama surat suara harus sesuai dengan Dapil dan juga tepat jumlahnya. “Kegiatan Sortir ini kami tergetkan selama 14 hari ke depan, lebih cepat lebih baik,” katanya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Sadaruddin Parapat yang turut hadir dalam kesempatan itu mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan melekat pada kegiatan Sortir ini. Untuk memaksimalkan pengawas Sorlit ini, Bawaslu juga melibatkan Panwascam untuk melakukan pengawasan kegiatan tersebut.
“Saya pastikan Bawaslu akan hadir pada kegiatan Sorlit ini. Karena ada tiga tempat yang digunakan kami juga sudah membagi personel pengawas di gudang-gudang tersebut,” ujarnya.
Saparudin juga meminta kepada pekerja Sorlit untuk lebih teliti terkait kesalahan pelipatan. Jika tenaga kerja menemukan hal demikian diminta untuk berkomunikasi langsung dengan pengawas yang ditugaskan di tempat tersebut.(Mail)

Related Articles

Back to top button