Ayumajakuning

Gelar Bimtek, Relawan Sosial Didorong Tingkatkan Kapasitas SDM

 

 

KUNINGAN-Sebanyak 132 tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK)  dan pekerja sosial masyarakat (PSM) mengikuti bimbingan teknis (bimtek) upaya mendorong peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), di Sangkan Resort Aqua Park Desa Bandorasawetan Kecamatan Cilimus, Selasa (9/1/2024).

Sekda Kabupaten Kuningan  H Dian Rachmat Yanuar mengungkapkan, salah satu aspek yang harus dipenuhi di era reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik, adalah mewujudkan pemerintah yang responsif sebagai wujud hadirnya negara dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Hal itu bahkan menjadi penilaian bagi penyelenggaraan pemerintahan, khususnya dalam  kepatuhan penyelenggara pelayanan publik terhadap tindak lanjut laporan masyarakat.

Namun kata dia, pada kenyataaannya tidak semua kebutuhan masyarakat terpenuhi.  Di antaranya akses masyarakat terhadap pelayanan bidang pendidikan, kesehatan, perumahan, dan berbagai program perlindungan jaminan sosial.

Menurutnya, dengan  memandang fenomena dan karakteristik permasalahan yang ada di masyarakat sangatlah kompleks, untuk itu perlu dibangun institusi dan sistem yang berorientasi kepada pemenuhan kepentingan dan kebutuhan masyarakat, dengan mengedepankan prinsip responsif, partisipatif, terpadu dan berkelanjutan. Sehingga mengacu pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, sinergi antara peran pemerintah, swasta, dan masyarakat merupakan hal  penting dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Keberadaan saudara sebagai relawan sosial, sangatlah besar sumbangsihnya bagi pemerintah, khususnya dalam penjangkauan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS), pelayanan sosial, edukasi dan sosialisasi program kesejahteraan sosial. Bahkan membangun jejaring kerja sama dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dengan memanfaatkan berbagai sistem sumber yang bisa didayagunakan,” tuturnya.

Ia menyebutkan,  ada beberapa tantangan dan persoalan saat ini yang  dihadapi. Namun, Pemerintah Kabupaten Kuningan senantiasa mendorong peran serta TKSK dan PSM agar dapat lebih optimal dan dirasakan masyarakat melalui dukungan pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan. Selain itu juga,  ditempuh melalui upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia relawan sosial, seperti bimbingan teknis, mengikutsertakan pada program sertifikasi tenaga kesejahteraan sosial, studi banding dan kolaborasi penanganan masalah sosial yang ada di masyarakat.

“Tetaplah semangat untuk menebar benih kebaikan, semoga ini menjadi ladang amal sholeh saudara sekalian yang Insya Allah akan mendapat ganjaran pahala berlipat ganda dari Allah Swt,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kuningan,  H. Toto Toharudin, menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah (Pemda) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan kapasitas SDM para relawan sosial.

“Bimbingan teknis ini  diikuti  32 orang TKS kecamatan dan 100 orang PSM. Menghadirkan narasumber dari Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Direktorat Pemberdayaan Kelompok Rentan Kemensos RI, BPPKS Lembang Bandung, Poltekesos Bandung, dan BPJS Kesehatan Cabang Kuningan,” katanya.(Emsul)

 

Related Articles

Back to top button