Saba Desa

Jalan Dusun I Gunungsari Dibetonisasi

CIREBON-Pemerintah Desa (Pemdes) Gunungsari Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon, lakukan perbaikan infrastruktur. Salah satunya, betonisasi jalan di Dusun 1 dan 2.
Sekretaris Desa (Sekdes) Gunungsari, Aris Suherman mengatakan, kondisi jalan yang memprihatinkan di Dusun 1 dan 2, nama pihak desa menganggarkannya dari Dana Desa (DD).
“Jalan yang dilaksanakan betonisasi panjangnya sekitar 250 meter dan ketebalan, 15 centimeter,” katanya disela mengawasi pengerjaan, Jumat (5/1/2024).
Aris menjelaskan, sebagai desa yang langganan banjir tentunya sangat berdampak pada kerusakan jalan lingkungan maupun jalan raya. Sehingga perlu adanya peran serta seluruh pihak untuk segera dilakukan perbaikan.
“Tentunya, jalan yang diperbaiki merupakan kewenangan desa. Kalau kewenangan kabupaten, kami hanya sebatas melaporkan,” jelasnya.
Aris menceritakan, banjir yang kerap terjadi saat penghujan, salah satunya dikarenakan pendangkalan
Sungai Ciberes dan belum adanya tanggul penahan sungai secara menyeluruh. Sehingga, air limpas ke jalanan dan masuk rumah warga. “Sepertinya tanda-tanda akan terjadinya banjir sudah terlihat, dengan adanya genangan air di jalanan desa ini,” ceritanya.
Masih dikatakan Aris, dampak kerusakan jalan kabupaten saat diterjang banjir beberapa waktu lalu, hingga sekarang belum ada perbaikan. Sehingga, menganggu aktivitas masyarakat maupun pengguna jalan. “Sebagai akses vital, jalan yang kondisinya baik sangat bermanfaat bagi masyarakat dan pengguna jalan lain,” ujarnya.
Dirinya mengharapkan, perhatian dinas terkait bagi desa yang rawan banjir. “Bukan hanya saat terjadi banjir saja, namun pasca kejadian. Seperti kerusakan jalan yang perlu segera dilakukan perbaikan,” pinta Aris.(Pra)

Related Articles

Back to top button