Pendidikan

Gelar Makesta IPNU-IPPNU, Pelajar Dituntut Aktif dalam Kegiatan Keagamaan dan Sosial

 

KUNINGANMasa Kesetiaan Anggota (Makesta) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Kuningan didorong untuk memberikan manfaat serta pengalaman, sebagai langkah awal dalam belajar berorganisasi dan bersosialisasi. Agar lebih mengenal organisasi NU lebih dalam lagi.

“Kalau kita berhidmat di organisasi harus ada manfaatnya dari kegiatan ini. Sudah tentu akan mendapat ilmu, pengalaman, mental serta dapat mencontoh atitude para ulama yang tidak didapatkan di tempat lain,” kata Sekda Kabupaten Kuningan H Dian Rachmat Yanuar,  di Madrasah Zainul Ihsan, Minggu (24/12/2023).

Menurutnya,  semangat kesetiaan menjadi fondasi utama untuk tumbuh dan berkembang dalam  memberikan dorongan mengukir prestasi bagi organisasi, melalui komitmen dan loyalitas kepada organisasi. Oleh karena itu, para pelajar untuk turut serta aktif dalam kegiatan keagamaan dan kepedulian sosial di lingkungan sekitar.

“Ini bukan hanya tanggung jawab, tetapi juga ladang pengalaman berharga. Selain itu,  pendidikan merupakan kunci menuju masa depan yang lebih baik,” katanya.

Ia mengemukakan, kemampuan dalam pengetahuan saja tidak cukup, namun sangat penting diterapkannya budi pekerti. Hal ini sebagai pembentukan karakter agar memiliki kemampuan dan kecakapan berpikir serta menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat. Sehingga memiliki perilaku kemampuan yang terpuji.

“Untuk perkembangan  IPNU dan IPPNU berada di pundak kalian. Sebagai kader-kader terbaik  teruslah untuk berpengetahuan dan berwawasan, bangun integritas, mental, sikap serta jaga kekompakan dan kebersamaan. Ingat tumbuhkan kecintaan, kebanggaan dan keyakinan kepada organisasi. Karena oraganisasi ini adalah rumah kalian semua,” tuturnya.

Sementara itu, Perwakilan PC NU Kabupaten Kuningan, Emup Muflihuddin,  berharap melalui kegiatan Makesta ini  mampu membentuk karakter dan jati diri  peserta sebagai warga NU sejati. “Hal  ini merupakan kawah candra dimuka dalam proses belajar dan  berjuang. Sekaligus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt,” ucapnya.

Ketua IPNU Anwar Misbahudin bersama Ketua IPPNU Dini Pratiwi menyebutkan, kegiatan yang berlangsung pada 24-25 Desember 2023 ini, diikuti  65 orang peserta dari  Pondok Pesantren Al-Anwar, Al Makmur, Nurul Huda, Miftahul Falah, dan beberapa sekolah serta perwakilan PAC.

Ketua Pelaksana Makesta, Alif Dewi Alfiya, mengemukakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk membentuk pelajar yang siap beradaptasi dengan lingkungan masyarakat, guna mencapai pengabdian yang optimal terhadap agama, masyarakat dan organisasi. Sehingga peserta diberikan pemahaman berbagai materi, seperti  ke-NU-an, ke-Aswajaan, kepemimpinan, keorganisasian, ke-IPNU-an dan ke-IPPNU-an.

“Kami  sangat senang dengan kehadiran Pak Sekda, selain merupakan aparatur sipil negara (ASN), beliau juga keluarga besar NU dan pembina IPNU. Terima kasih atas pembekalannya, ini  merupakan energi dan  motivasi bagi kami, sehingga dapat menimbulkan kecintaan dan kebanggaan kepada organisasi . Semoga kegiatan kami terus bersinergi bersama para alim ulama dan umaro,” ucapnya.(Emsul)

 

Related Articles

Back to top button