CirebonRaya

Warga Ngeluh ke Satori, Sulit Dapat Pupuk Bersubsidi

CIREBON-Masyarakat Daerah Pemilihan (Dapil) V Kabupaten Cirebon, mengeluhkan berbagai permasalahan yang ada di wilayahnya. Antara lain, kesulitan mendapatkan pekerjaan di perusahaan, Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sulit dan kelangkaan pupuk.
Hal itu terungkap saat kunjungan Anggota DPR RI, H Satori bersama Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, H Hermanto.
Menurut Satori, KUR yang digulirkan pemerintah untuk masyarakat hingga saat ini masih ada, akan tetapi proses pengajuan yang seakan sulit. Karena, orang awam atau baru mengajukan.
“Persyaratan yang ketat sangat diperlukan, agar tepat sasaran. Buka dipersulit,” katanya, Kamis (7/12/2023).

Politisi Nasdem ini menjelaskan, kunjungan ke Kabupaten Cirebon khususnya Dapil V guna mengetahui keluhan dan keinginan masyarakat untuk diteruskan ke tingkat pusat. “Banyak juga keluhan masyarakat, antara lain, sulitnya mendapatkan pekerjaan padahal kawasan industri dan sulitnya mendapatkan pupuk subsidi. Maka, kami akan sampaikan pada dinas terkait untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

Masih dikatakan Satori, kebutuhan pupuk saat musim tanam sangat diperlukan petani, guna menghasilkan panen maksimal. Akan tetapi yang terjadi, ketika dibutuhkan, sangat terbatas. Bahkan tak ada. Sehingga, perlu adanya peran serta seluruh pihak untuk ketersediaan pupuk yang mencukupi.
“Pupuk subsidi sangat dibutuhkan para petani, alangkah baiknya jika ketersediaan pupuk diperbanyak dan dipermudah,” ujarnya didampingi Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, H Hermanto.
Hermanto mengungkapkan, masyarakat Dapil V khususnya Kecamatan Gebang mayoritas nelayan, sehingga memerlukan solar subsidi yang mencukupi dan sungai yang dalam, agar perahu dapat hilir mudik dengan nyaman.
“Pendangkalan Sungai Ciberes, berdampak kurang baik bagi para nelayan. Sehingga perlu untuk dinormalisasi,” ungkapnya.

Dirinya mengharapkan, aspirasi masyarakat Dapil V direalisasikan anggota DPR RI, mengingat sangat diperlukan bagi warga. “Atas nama masyarakat, kami ucapkan terima kasih dan masyarakat untuk bersabar, dengan aspirasi yang disampaikan tersebut,” pungkas politisi Nasdem ini.(Pra)

Back to top button