CirebonRaya

Bupati Apresiasi Pencanangan BBGBM di Desa Sindangkasih

CIREBON-Bupati Cirebon, H Imron Rosyadi menghadiri acara Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGBM) di Desa Sindangkasih Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan tersebut mengambil tema “Dengan bulan bhakti gotong royong kita tingkatkan partisipasi masyarakat untuk membangun desa”.

Imron mengatakan kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari seluruh rangkaian kegiatan Pencanangan (BBGRM) yang diagendakan secara nasional, diawali oleh penyelenggaraan di tingkat nasional, dilanjutkan dengan penyelenggaraan di tingkat Provinsi Jawa Barat dan penyelenggaraan di tingkat kabupaten.

“Saya (Bupati, Red) merasa bangga bahwa peringatan bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2023 dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga kegiatan ini sebagai langkah awal untuk ditindaklanjuti di tingkat kecamatan dan di tingkat desa dan kelurahan,” kata Imron.

Ia menyebut pencanangan bulan bhakti gotong royong tahun 2023 merupakan upaya melestarikan dan meningkatkan nilai nilai yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, serta untuk mewujudkan semangat kebersamaan yang berintegritas dan mandiri.

Bahkan, kata Imron ini dapat dijadikan momentum untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta partisipasi masyarakat untuk menguatkan integrasi sosial yang akhir-akhir ini cenderung menurun.

“Memang tidaklah mudah untuk melestarikan dan mempertahankan semangat gotong royong di tengah alam kehidupan sekarang ini yang semakin individualis dan kompetitif, cenderung lebih menunjukkan persaingan dari pada kebersamaan untuk maju,” ujarnya.

Ia mengungkapkan Pencanangan bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) ini untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, semangat kekeluargaan dan semangat kegotongroyongan dalam membangun Kabupaten Cirebon.

Imron mengimbau kepada seluruh kuwu agar melaksanakan bulan bhakti gotong royong masyarakat ini dalam semua kegiatan di desa masing masing dengan memberdayakan lembaga pemerintahan desa, lembaga kemasyarakatan desa (LKD) dan masyarakat secara umum.

Di tempat yang sama Kepala DPMD Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan mengatakan maksud dan tujuan adakan kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGBM) yakni untuk menumbuh kembangakan semangat gotong- royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

“Ada beberapa sasar di BBGBM ini,
untuk meningkatkan persatuan dan persatuan di desa, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan terutama dalam memutar roda perekonomian desa, meningkatnya kemitraan antara masyarakat dan pemerintah desa dalam melaksakaan pembanhunan, serta meningkatnya rasa memiliki hasil-hasil pembangunan yang bisa mensejahterahkan masyarakat,” katanya.(Juanedi)

Back to top button