Ayumajakuning

Gelar Pasar Tani, Petani Milenial Dorong Pengembangan Kewirausahaan Muda Pertanian

 

KUNINGAN-Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan bersama Petani Milenial menggelar kegiatan usaha  pasar tani, Minggu (13/11/2023).Kegiatan ini dilaksanakan untuk  meningkatkan hasil produksi dan mensejahterakan para petani.

Ketua Petani Milenial Kabupaten Kuningan Yayang Rista Pratiwi mengungkapkan komunitas ini  beranggotakan 100 orang  yang terdiri dari anak muda yang konsen terhadap usaha pertanian, dengan menyuguhkan berbagai hasil tani melalui sentuhan teknologi hidroponik. Termasuk dilakukan secara konvensional serta olahannya untuk  dijual dengan harga kompetitif.

“Alhamdulillah, kegiatan pasar tani yang sempat tertunda beberapa waktu lalu, kini kembali  digelorakan  untuk memenuhi permintaan pasar dan konsumen atau  masyarakat.  Mereka penuh semangat dan respon  masyarakat juga sangat baik, sehingga  ramai dikunjungi. Meski publikasi kegiatan saat ini baru melalui media sosial (medsos),” katanya.

Menurutnya kegiatan ini diarahkan untuk dapat memanfaatkan teknologi, guna menghasilkan produk pertanian berkualitas. Selain itu, mampu berdaya saing, menumbuhkembangkan kewirausahaan muda pertanian,  menciptakan pertanian maju, mandiri dan modern.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, Wahyu Hidayah, mengapresiasi para pelaku usaha pasar tani dari kalangan melenial ini. Karena  sangat berpeluang untuk membangun kehidupan ekonomi para petani. Sehingga mereka patut dihargai gagasan programnya di bidang usaha produk pertanian, dengan harapan untuk kembangkan lebih maju lagi.

“Untuk itu,  Petani Milenial ini harus mampu membaca peluang seperti jenis tanaman pangan apa yang laku di pasaran. Sehingga diharapkan dapat berkreasi dengan olahan makanan hasil pertanian, lebih memperluas jaringan distribusi,  meningkatkan produktivitas untuk memenuhi permintaan dari masyarakat maupun menjalin dengan mitra usaha lainnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Siti Rahmatika  sangat mendukung hadirnya pasar tani di tengah-tengah masyarakat. Sehingga diharapkan ke depan Petani Milenial dapat berkolaborasi dengan anggota PKK  di tingkat desa/kecamatan hingga tingkat kabupaten,”katanya. (Emsul)

 

 

 

Related Articles

Back to top button