CirebonRaya

Kemenag Kabupaten Cirebon Serukan Aksi Boikot Produk Israel

CIREBON- Sejumlah tokoh dan pejabat di Kabupaten Cirebon menyuarakan untuk boikot produk-produk Israel. Aksi pernyataaan boikot tersebut menggema dalam aksi peduli Palestina usai salat Jumat di Masjid Agung Sumber, Jumat (17/11/2023).

Sebelumnya, Imam Salat Jumat menyematkan doa qujut nazillah untuk mendoakan warga Gaza, Palestina yang saat ini menderita akibat serangan zionis Israel. Usai salat Jumat, Imam bersama para jamaah masjid tersebut melaksanakan salat gaib untuk para korban yang meninggal dunia akibat serangan membabi buta Israel.

Kegiatan di masjid tersebut kemudian dilanjutkan dengan orasi peduli Palestina yang disampaikan Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon, ketua MUI, ketua ormas keagamaan hingga Bupati Cirebon. Dalam aksi peduli Palestina tersebut, digelar juga doa bersama atau istigotsah dan penggalangan dana untuk membantu warga Palestina.

Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon, Saefudin Jazuli menyatakan, pihaknya menyampaikan keprihatinannya atas kondisi yang terjadi di Palestina. Asep panggilan akrabnya mengajak masyarakat untuk ikut beraksi sesuai kemampuan masing-masing. Bisa dengan doa, donasi hingga dengan aksi melakukan boikot terhadap semua jenis produk Israel.

“Untuk donasi bisa diberikan ke petugas Baznas Kabupaten Cirebon. Donasi ini harus melalui jalur resmi, yakni Pemerintah melalui Baznas. Niatkan donasi untuk bantu Palestina, semoga penderitaan warga Palestina segera berakhir,” ujarnya.

Ketua MUI Kabupaten Cirebon, KH Zamzami Amin mengatakan, donasi yang digalang ini sebagai bentuk kepedulian terhadap derita rakyat Palestina. Hal ini bisa mendorong warga Kabupaten Cirebon untuk ikut serta membantu dan peduli terhasap derita rakyat Palestina saat ini.

Dalam aksi tersebut, terang Zamzami, pihaknya juga menyerukan aksi boikot terhadap produk-produk Israel. Ia mengatakan, hasil penjualan produk-produk Israel yang banyak digunakan masyarakat sehari-hari, digunakan untuk mendanai agresi Israel kepada Palestina.

Karena itu, ia meminta masyarakat Kabupaten Cirebon untuk memboikot produk-produk yang terafiliasi ke Israel tersebut. Dirinya juga meminta, agar masyarakat Kabupaten Cirebon tidak menggunakan produk-produk terafiliasi Israel.

“MUI sudah mengeluarkan fatwa haram. Saya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Cirebon untuk ikut peduli dan terus mensosialisasikan fatwa MUI ini kepada siapa pun,” ajaknya.

Sementara Bupati Cirebon, H Imron Rosyadi mengajak masyarakat untuk ikut dalam aksi bela Palestina dengan memberikan donasi untuk meringankan beban warga di sana.

“Kami Pemkab Cirebon, ormas Islam dan masyarakat agar ikut mengumpulkan donasi untuk meringankan warga Palestina,” katanya.

Disinggung soal boikot produk Israel, Imron menyebut pihaknya akan koordinasi dengan dinas terkait untuk mengetahui produk-produk apa saja yang terafiliasi dengan Israel. “Kita juga harus koordinasi biar tahu mana produk yang terafiliasi dengan Israel,” imbuhnya.(Iwan)

 

Back to top button