Saba Desa

Cegah Stunting, Anak Kurang Gizi Diberi Makanan Tambahan

CIREBON-Pemerintah Desa (Pemdes) Karangmekar Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon, fokus penanganan stunting. Salah satunya dengan memberikan makanan tambahan bagi anak yang terindikasi kurang gizi.

Kuwu Desa Karangmekar, Rusmanto mengatakan, penanganan stunting menjadi salah satu fokus program desa dan upaya yang dilakukan memberikan makanan tambahan.

“Alhamdulillah, anak yang terindikasi stunting telah naik berat badannya dan tinggi badan maksimal,” katanya, Kamis (9/11/2023).

Kuwu dua periode ini menjelaskan, penanganan stunting menjadi tanggung jawab seluruh pihak, tak terkecuali pihak desa. Namun yang utama, peran orang tua itu sendiri yang aktif untuk datang ke Posyandu, agar mengetahui tumbuh kembang anak.

“Bila mana ada yang terindikasi stunting, kami komunikasikan ke Puskesmas untuk penanganan lebih lanjut,” jelas pria yang biasa dipanggil Kang Rus.

Masih dikatakan Kang Rus, pemberian makanan tambahan bagi anak yang terindikasi stunting sangat diperlukan guna menambah asupan gizi. “Dengan sinergitas seluruh pihak, kasus stunting dapat diturunkan bahkan nol persen,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan, peran orang tua untuk memberikan asupan gizi yang seimbang dan peran aktif pemerintah pusat hingga kabupaten dalam penurunan kasus stunting. “Tentunya kami telah maksimal dalam berbagai permasalahan yang ada,” pangkas Kang Rus.(Pra)

Related Articles

Back to top button