Ayumajakuning

Upaya Turunkan Angka Stunting, 14.000 KRS di Majalengka Dapat Bantuan Pangan

 

MAJALENGKA-Sebanyak 14.000 anak rentan stunting di Kabupaten Majalengka memperoleh bantuan telur dan daging ayam tahap kelima dari Kementerian Sosial (Kemensos). Penyaluran bantuan untuk memperbaiki gizi anak rentan stunting ini,  dilakukan melalui PT Pos di tiap kecamatan dan desa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Agus Susanto, mengungkapkan, berdasarkan hasil bulan penimbangan balita (BPB), angka stunting di wilayahnya mencapai 3,12 persen. Jumlah tersebut mengalami penurunan dibanding 2022 yang mencapai 3,84 persen.

Ia menyebutkan, selain ada kecamatan yang mengalami penurunan angka stunting  dibanding 2022, juga ada yang jumlahnya naik, seperti Kecamatan Malausma, Cikijing, Banjaran serta Sindangwangi, yang selisih angkanya untuk Kecamatan Sindangwangi mencapai  2,36 persen dibanding tahun lalu atau menjadi 4,6 persen.

Kemudian yang mengalami kenaikan  Kecamatan Jatiwangi yang pada 2022 hanya 2,20 persen, namun pada tahun ini menjadi 3,35 persen atau kenaikannya mencapai 1,15 persen. Lalu Kecamatan Jatitujuh yanga pada 2022 persentasenya masih 2,96 persen, kini menjadi 3,15 persen.

Sedangkan angka stunting tertinggi terjadi di Kecamatan Sumberjaya yang pada 2022 mencapai 17,21 persen. Namun pada tahun ini cenderung  turun menjadi 12,93 persen atau turun sebesar 4,26 persen.

“Sekarang terus diupayakan dengan beragam langkah, agar angka stuntung bisa turun. Penanganannya mendapat perhatian khusus dan dilakukan banyak pihak, tidak hanya Dinas Kesehatan. Karena hal ini penyebabnya bisa dari beragam latar belakang,” tuturnya.

Sementara itu, Satgas Pendistribusian Pangan PT Pos Majalengka, Irvhan Ramadhan didampingi Koordinator Lapangan Aries menyampaikan, jumlah penerima bantuan di Kabupaten Majalengka mencapai sekitar 14.000 keluarga di 26 kecamatan.

“Pendistribusiannya dilakukan selama tiga hari di Kantor PT Pos yang ada di tiap kecamatan, di Majalengka baru selesai Selasa (7/11/2023),” katanya.

Menurutnya, pemberian bantuan menurut kali ini merupakan tahap kelima untuk  Oktober 2023. Kemudian bantuan akan diberikan sebanyak enam tahap untuk November 2023.

“Bantuannya dari Kemensos bekerjasama dengan Dinas Pangan,” ujarnya.

Selain di Kecamatan Majalengka,   Sukahaji pendistribusian bantuan  pangan juga dilakukan di Kecamatan Sukahaji, dengan sasaran  706  keluarga rentan stunting (KRS) dari 13 desa.(Tati)

 

 

Related Articles

Back to top button