CirebonRaya

PAM Kota Cirebon Bersama PMI Kirim Bantuan Air Bersih

CIREBON-Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cirebon bekerja sama dengan PDAM Tirta Giri Nata membantu masyarakat dengan mengirimkan bantuan tanki air untuk masyarakat yang dilanda kekeringan, Senin (25/9/2023).

Kekeringan yang melanda sejumlah wilayah di Kota Cirebon, membuat sebagian masyarakat memerlukan suplai air bersih guna kebutuhan sehari-hari.

Ketua PMI Kota Cirebon, dr HM Edial Sanif mengatakan, pada pagi hari ini mengirimkan bantuan air bersih ke daerah Argasunya. “Ini adalah kali pertama kita mengirimkan dua truk yang dilengkapi dengan dua tangki air ke dua titik lokasi yang membutuhkan. Kita berharap bisa membantu sekitar 7 sampai 8 titik lainnya,” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PMI terhadap masyarakat, terutama mereka yang membutuhkan pasokan air bersih. “Tindakan ini sesuai dengan instruksi dari pusat untuk segera membantu masyarakat yang terdampak kekeringan. Alhamdulillah, tahun ini tidak ada bencana besar lainnya selain masalah kekeringan, Oleh karena itu, PMI selalu siap membantu dalam berbagai situasi darurat, termasuk kekeringan. Pagi ini, kita mengirimkan dua tangki air ke daerah Argasunya,” jelas Edial.

Selain itu, menurut dokter spesialis jantung tersebut, setelah perayaan ulang tahun pada tanggal 27 September, pihaknya akan terus memberikan bantuan. “Kita berharap dapat bekerja sama dengan pihak lain, termasuk kecamatan yang sudah memiliki fasilitas penyimpanan air. Kami akan mengambil air untuk masyarakat yang memerlukan, dengan kapasitas hingga 8.000 liter. Lokasi dua titik yang menerima bantuan yaitu di RT 07 RW 04 di Surapandan. Selain itu, kami akan bergiliran mengisi air di titik-titik lainnya,” tutur Edial.

BMKG memberi informasi bahwa masalah kekeringan akan berlanjut hingga Oktober. Oleh karena itu, jajarannya akan terus berkoordinasi dengan RT dan RW serta mengidentifikasi wilayah-wilayah yang memerlukan bantuan air.

“Kami juga akan bekerja sama dengan kelurahan dan pihak lainnya untuk mengatasi masalah ini. Jika ada wabah yang muncul akibat kekeringan, kami siap untuk berkolaborasi dengan pihak kesehatan. Semoga tindakan ini dapat membantu masyarakat yang memerlukan pasokan air bersih. Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak,” pungkasnya.(Jak)

Related Articles

Back to top button