Saba Desa

Jadi Kuwu Tiga Periode, Yeni Terus Lanjutkan Pembangunan

CIREBON-Perjuangan menjadi kuwu tiga periode berturut, tentu sangat berat. Terlebih seorang wanita. Seperti Kuwu Desa Babakangebang Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon, Yeni Setiati, yang terpilih kembali dalam Pemilihan Kuwu (Pulwu) serentak 2023.Dirinya mampu mengalahkan calon lain yang mayoritas kaum adam. Meski telah memenangkan pesta enam tahunan tersebut, tugas berat menanti dalam kepemimpinan nanti.

Program yang akan dilaksanakan antara lain, perbaikan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Wanita yang menjadi kuwu selama tiga periode yakni, periode pertama 2011, periode kedua 2017, kemudian terpilih kembali 2023 ini, tak lelah untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat.
Mulai pelayanan administrasi kependudukan hingga datang langsung ke rumah warga yang membutuhkan. Bahkan, tak hanya saat Pilwu. Menurut Yeni, tantangan enam tahun ke depan sangat berat. Mengingat, program yang menumpuk saat Covid-19 lalu.

“Kami akan inventaris program yang belum terlaksana ketika Covid-19. Kemudian secara bertahap, segera direalisasikan,” katanya, Rabu (1/11/2023).

Kuwu sejak 2011 ini menjelaskan, untuk menjadi kuwu tiga kali berturut tentu sangat berat. Akan tetapi yang utama, selalu dekat dengan masyarakat. Sehingga akan sangat mudah mendapatkan simpati warga, saat Pilwu.
“Jangan saat Pilwu saja dekat dengan masyarakat, tapi ketika warga membutuhkan, selalu hadir. Maka dengan sendirinya, akan membekas pada yang bersangkutan,” jelasnya.

Masih dikatakan Yeni, sebagai pemimpin selalu berupaya maksimal untuk mengayomi masyarakat dan pemerataan pembangunan.”Meski keterbatasan anggaran yang ada, harus mampu memberikan pemahaman pada warga, sehingga masyarakat akan memahaminya. Jangankan yang baik, jeleknya saja diomongin. Maka, terus berupaya maksimal untuk memberikan yang terbaik bagi warga,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan dukungan dan kerjasama seluruh pihak, untuk membangun desa. “Kami ucapkan terima kasih pada warga yang telah mensukseskan pilwu dengan aman, tertib dan damai. Pilwu telah usai, mari bersama memajukan dan menyejahterakan masyarakat,” ajak Yeni.(Pra)

Related Articles

Back to top button