Pendidikan

MTsN 3 Kuningan Berjaya di Festival Teater Pelajar Tingkat Nasional

 

 

KUNINGAN.-Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 (Cigugur) Kuningan meraih juara umum Festival Teater Pelajar Tingkat Nasional 2023, yang diselenggarakan Teater Sado, di Gedung Kesenian Raksa Wacana Kuningan, beberapa waktu lalu.

Dalam even yang diikuti sejumlah peserta dari dalam dan luar daerah itu, Teater Triamerta Tsantika MTsN 3 Kuningan  yang membawakan lakon “Raja Gedang Atah” Karya Aan Sugianto Mas berhasil  terpilih sebagai sutradara terbaik yang diraih Iftina As Syabiya Rafifa, aktris terbaik Gaisya Drikra Hilmiya, lighthing terbaik Ishmah dan penata artistik terbaik diraih Muhamad Dzacky Arraffi.

Sutradara Lakon Raja Gedang Atah, Saepul Apip, Selasa (31/10/2023) mengungkapkan, mendidik anak untuk melakukan masing-masing peran tidak mudah, tetapi memerlukan latihan dengan penuh kesungguhan. Sehingga dari 40 siswa MTsN 3 Kuningan yang mendaftar untuk menjadi pemain teater, setelah diseleksi terpilih sebanyak 13 siswa sebagai aktris dan 9 orang memiliki keahlian di bidang musik. Mereka harus mengikuti latihan cukup ekstra sehingga hasilnya cukup menggembirakan.

“Alhamdulillah, MTsN 3 Kuningan keluar sebagai juara umum Festival Teater Pelajar Tingkat Nasional 2023. Kami hanya mempersiapkan waktu selama kurang lebih 3 bulan untuk melatih mereka hingga mampu memerankan karakter masing-masing,” katanya.

Menurutnya, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peran para pembimbing,  di antaranya guru bahasa Indonesia Ipan, Putri Permata Sari, Ayu Yuliana Priantia, Destri Islamiyati Putri, Dwi Nurul Hidayah, M Topan Hidayatul Akbar, Wawat dan Seapul.

“Peran mereka sangat besar di belakang panggung dalam menyukseskan teater sekolah sehingga bisa meraih juara umum,” ujarnya.

Kepala MTsN 3 Kuningan, H Soiman Iman Santoso mengatakan, pihaknya sangat mendukung kreatifitas dan inovasi para siswanya dalam pentas seni peran di sekolah. Untuk itu, sekolah memfasilitasi kebutuhan untuk pentas seni teater, yang siswanya memiliki bakat dan minat yang cukup tinggi. Sehingga mereka mampu memperlihatkan prestasi terbaik dan menjadi juara umum Festival Teater  Pelajar Tingkat Nasional 2023.

“Kami bangga dengan hasil festival tersebut, karena tidak ada target harus menang. Yang penting ikut berpartisipasi untuk menambah pengalaman dan wawasan. Ternyata mereka memiliki kemampuan dalam berkesenian, sehingga berhasil menyisihkan pesaing lainnya setelah memasuki babak final,” tuturnya.(Emsul)

 

 

 

 

Related Articles

Back to top button