Ayumajakuning

KBIHU Syiarul Islam Kuningan Peroleh Akreditasi Terbaik A

 

KUNINGAN-Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Syiarul Islam (SI) Kabupaten Kuningan meraih akreditasi terbaik A dari hasil penilaian tim assesor, di Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan, pada 5 Oktober 2023.

“Hasil penilaian akreditasi terbaik ini, hendaknya dapat dipertahankan, bahkan harus lebih ditingkatkan, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kuningan, H Achmad Handiman Romdhony, didampingi Kasubag TU,  KH Muhammad Sadudin dan PHU, Ahmad Fauzi, dalam pengukuhan kepengurusan KBIHU SI  periode 2023-2028,  di Masjid Agung Syiarul Islam, Rabu (1/11/2023).

Ia mengungkapkan,  di Kabupaten Kuningan ada  8 KBIHU dengan dua di antaranya  belum meraih akreditasi A. Untuk itu KBHIU SI hendaknya lebih meningkatkan pelayanan terhadap para tamu Allah pada musim haji 2024. Sebab KBIHU ini adalah mitra pemerintah dalam memberikan pelayanan ibadah haji bagi masyarakat Kabupaten  Kuningan.

“Musim haji tahun mendatang, Kabupaten Kuningan mendapat kuota sebanyak 9.041 orang dan untuk Provinsi Jabar seluruhnya mencapai 38.000 orang.Sehingga dalam pelaksanaannya suka ada tantangan, namun tantangan tersebut harus diimplementasikan dalam pemberian kepuasan terhadap peningkatan layanan bagi para jemaah. Seperti insiden Muzdalifah jangan sampai terulang kembali, oleh karena itu kita bangun sinergitas dan kolaboratif dengan para pihak demi kelancaran pelaksanaan ibadah haji di masa mendatang. Namun dibalik itu, kita merasa bangga bahwa jemaah haji Kabupaten Kuningan masuk kategori terbaik di Provinsi Jabar,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KBIHU SI periode 2018-2023, KH Buya Abdul Syukur, menyebutkan pada 2018 KBIH SI memberangkatkan sebanyak 108 orang jemaah haji  dan pada 2019 mencapai 154 orang. Sedangkan pada 2020-2021 tidak memberangkatkan, karena dunia dilanda Covid-19. Lalu memasuki  2023, KBIH SI memberangkatkan sebanyak 137 jemaah. Meski terjadi insiden Muzdalifah, namun jemaah kembali ke Tanah Air dengan selamat.

”Kami berterimakasih kepada jemaah haji 2023 karena banyak membantu, bekerjasama  yang baik dan selalu menjaga kekompakan dalam pelaksanaan ibadah haji saat  di Madinah dan di Mekah, sehingga dapat berjalan dengan lancar,”katanya.

Ketua KBIHU SI periode 2023-2028, KH Emus Musthofa, menyampaikan terima kasih pada Ketua Yayasan KBIHU SI, H Rudi dan HR Yayan Sofyan sebagai Ketua DKM Syiarul Islam atas dukungan serta kerja sama yang baik dalam rangka meningkatkan pelayanan  bagi jemaah haji Kabupaten Kuningan.

“Kami mohon bimbingan dari semua pihak, demi keberhasilan KBIHU SI di masa mendatang,” ucapnya.

Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda, mengemukakan, KBIHU SI yang kini mendapat akreditasi A harus memberikan pelayanan terbaik dari hasil pengalaman selama ini.

Ia berharap, jemaah haji dapat diberikan pembekalan dengan sebaik-baiknya. Agar meminimalisir masalah yang terjadi pada saat pelaksanaan ibadah di Tanah Suci.

“Selamat kepada para pengurus baru yang terpilih, semoga dapat memeberikan pelayan bagi jemaah haji maupun umrah,”katanya.(Emsul)

 

 

 

Related Articles

Back to top button