Saba Desa

Minggu Ini, Desa Waruduwur Gelar Nadran

CIREBON-Masyarakat dan Pemerintah Desa Waruduwur Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, rencanakan nadran. Kuwu Desa Waruduwur, Yadi mengatakan, nadran yang akan dilaksanakan Minggu (15/10/2023) .

Hal ini merupakan bentuk wujud syukur para nelayan pada Allah Swt yang telah melimpahkan hasil tangkapan yang berlimpah dan kesejahteraan pada masyarakat desa ini.

“Setelah syukuran para petani garam pada pekan lalu, hari Minggu nanti nadran para nelayan,” katanya, Jumat (13/10/2023).

Yadi menjelaskan, nadran merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahun dan merupakan aset budaya juga kesenian desa. Karena, ada berbagai kegiatan yang akan diadakan pada acara tersebut. Antara lain, karnaval dan larung sesaji.

“Larung sesaji berupa kepala kerbau ke tengah laut, sebagai bentuk ungkapan ‘terima kasih’ sebab telah memberikan keselamatan para nelayan saat melaut dan hasil tangkapan yang berlimpah,” jelasnya.
Masih dikatakan Yadi, karnaval berbagai replika binatang akan diarak keliling desa dan Pantura dan tentunya, akan menarik masyarakat lain untuk datang menyaksikan acara tersebut. “Tidak sedikit para pedagang yang mayoritas warga setempat untuk berjualan dan tentu menambah pendapatan. Hal ini bentuk membangkitkan UMKM desa ini,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan pelaksana Nadran nanti terlaksana tanpa ekses. “Sudah menjadi tradisi setiap tahun, maka mohon maaf bila mana arus lalu lintas tersendat,” ucap Yadi.(Supra

Back to top button