CirebonRaya

Bikin Bangga, Batik Khas Cirebon Ditampilkan di Hadapan Presiden Jokowi

CIREBON-Keraton Kasepuhan Cirebon diundang untuk mengikuti kegiatan Istana Berbatik dalam rangka Hari Batik Nasional di Depan Istana Merdeka Jakarta, pada awal Oktober lalu.

Yang membuat bangga, pihak Keraton Kasepuhan diberikan kesempatan untuk memperagakan batik khas Cirebon di hadapan Presiden Joko Widodo. Selain beberapa keraton di Indonesia, para public figure, menteri serta para duta besar turut menampilkan beragam batik.

Saat itu, putera sulung Sultan Sepuh Aloeda II, yaitu Pangeran Panji Azis Awalludin Rahardjo dan Patih Sepuh jalan di atas catwalk dengan menggunakan batik khas Keraton Kasepuhan.

“Putera sulung kami, yaitu Pangeran Panji Azis Awalludin Rahardjo mengenakan kain batik Taman Arum, sementara Patih Sepuh menggunakan kain batik Patran Keris,” ujar Sultan Sepuh Aloeda II, Minggu (8/10/2023).

Tak hanya itu, Sultan Sepuh Aloeda II beserta permaisuri pun mengenakan kain batik Sawat Pengantin. “Yang digunakan oleh putera sulung saya serta Patih Sepuh, juga kain batik yang dikenakan saya beserta permaisuri adalah kain batik khas Keraton Kasepuhan Cirebon,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya merasa bangga atas capaian tersebut, karena dengan diundangnya pihak Keraton Kasepuhan ke acara tersebut bisa memperkenalkan batik khas Keraton Kasepuhan Cirebon.

“Bahwa di Cirebon itu tak hanya ada batik Mega Mendung, ada juga batik khas lainnya, khususnya dari keraton yaitu Taman Arum dan juga Sawat Penganten,” ungkapnya.

Apalagi, menurutnya, kegiatan tersebut turut disaksikan Presiden Joko Widodo. “Kami bangga bisa menampilkan batik khas Keraton Kasepuhan Cirebon di hadapan Bapak Presiden. Apalagi, dalam acara ini hanya beberapa keraton saja yang diundang, di antaranya Cirebon dan Yogyakarta. Mudah-mudahan setelah ini batik khas Cirebon bisa lebih dikenal oleh masyarakat secara luas,” ujarnya.

Selanjutnya, tambah dia, pihaknya akan terus membudayakan batik khas Cirebon di beragam kegiatan.

“Karena kita memiliki batik khas, tinggal kita berdayakan bagaimana untuk melestarikannya, di antaranya dengan terus menggiatkan UMKM batik khas Cirebon. Saya bangga berbatik khas Cirebon di berbagai kegiatan,” katanya.(Fan)

Back to top button