CirebonRaya

Festival Layangan Internasional Digelar, Bupati Imron: Dongkrak Ekonomi Sekitar

CIREBON-International Kite Festival Cirebon Reborn di Desa Mundupesisir Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, diikuti puluhan peserta dari luar negeri dan berbagai wilayah dari tanah air.

Acara yang dihadiri langsung Bupati Cirebon, H Imron bersama rombongan juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi bersama staf, para peserta antusias untuk menerbangkan layangan ukuran jumbo dengan berbagai gambar karakter seperti ayam jago dan gitar layangan terbang di pantai Muara Mundupesisir.

Cuaca panas tak mempengaruhi para peserta dan penonton untuk menyemarakkan festival tersebut, tak terkecuali bupati turut menerbangkan layangan bertuliskan Cirebon Katon.

Bupati Cirebon, H Imron mengatakan, festival yang digagas para pecinta layang-layang ini sebagai upaya mengenalkan desa ini agar lebih dikenal masyarakat luar kota bahkan luar negeri. “Kami ucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam acara ini,” ucapnya, usai membuka acara tersebut, Minggu (8/10/2023).

Kepala DPMD Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi mengungkapkan, acara ini untuk mendongkrak ekonomi masyarakat, terlihat banyak stand UMKM. “Dengan adanya acara ini masyarakat dapat berjualan dan tentunya menambah pendapatan,” ungkapnya.

Kuwu Desa Mundupesisir, H Khaerun memaparkan, festival ini sebagai ajang silaturahmi bagi pecinta layangan dan menjadi sarana tambahan untuk mempromosikan wisata Muara Mundupesisir Kabupaten Cirebon kepada turis domestik maupun wisatawan mancanegara.

“Di samping dari luar negeri, puluhan peserta dalam negeri turut meriahkan acara ini,” paparnya.

Khaerun menjelaskan, festival tersebut bisa mendatangkan keuntungan bagi pelaku UMKM setempat. “Sekalipun hanya dua hari (kemarin dan hari ini) bisa mengangkat UMKM di desa ini,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan acara ini tiap tahun dilaksanakan, guna meningkatkan pendapatan masyarakat melalui UMKM. “Mari berkunjung ke tempat Muara Mundupesisir, karena hal menarik di tempat ini,” ajak Khaerun.(Supra/KC)

Related Articles

Back to top button