BPJS Kesehatan Luncurkan Loket Pelayanan Informasi dan Poros
CIREBON-Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan memperkenalkan inovasi terbaru melalui loket pelayanan onformasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS).
Kedua inovasi tersebut dirancang untuk memaksimalkan pemberian informasi dan menangani pengaduan peserta di rumah sakit.
Plh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Ni Ketut Sri Budiani mengatakan, sejak diluncurkan pada tahun 2014, program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan bertujuan memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk.
Menurutnya, seiring dengan bertambahnya jumlah peserta JKN, BPJS Kesehatan memandang perlu dilakukan transformasi terhadap mutu layanan. “Salah satu wujud nyata dari upaya transformasi mutu layanan adalah dengan penyediaan loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Petugas
rumah sakit yang ditunjuk akan bertugas memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta JKN
terkait pelayanan.
“Selanjutnya, petugas akan mencatat pada aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan
Pengaduan (SIPP),” jelas Sri saat peluncuran loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal
Quick Response (POROS) di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Cirebon yang diadakan di RSD Gunung
Jati, Jumat (29/9/2023).
Sri menambahkan, petugas rumah sakit juga dapat bekerja sama dengan petugas BPJS SATU atau BPJS Siap Membantu, baik dalam bentuk pelayanan onsite maupun mobile. Menurutnya, hal ini dilakukan demi memastikan peserta menerima pelayanan yang terbaik. Waktu pelayanan di loket ini disesuaikan dengan jam pelayanan rawat jalan di rumah sakit.
“Keberadaan loket pelayanan informasi ini ditandai dengan adanya signage (papan petunjuk). Lokasi loket pelayanan informasi ini diprioritaskan berada pada area di rumah sakit yang mudah terlihat dan diakses peserta, seperti di area pintu masuk atau area administrasi pelayanan JKN,” kata Sri.
Selain itu, BPJS Kesehatan juga memperkenalkan Portal Quick Response (POROS) yang ditempatkan di
fasilitas kesehatan. Inovasi ini membawa kemudahan digital bagi peserta JKN dalam mengakses aplikasi
pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memperlancar proses pelayanan di fasilitas
kesehatan.
POROS sendiri terdiri dari aplikasi Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN), SIPP, Antrean, dan Web Skrining yang dapat dimanfaatkan peserta untuk mendapatkan dukungan layanan yang lebih mudah dan cepat. “POROS BPJS Kesehatan dapat diakses oleh peserta JKN yang sedang mendapatkan pelayanan di
fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan melalui x-banner atau poster yang
tersedia di area pendaftaran maupun pelayanan,” katanya.
Dengan dihadirkannya loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS)
ini, Sri berharap bisa berdampak terhadap peningkatan yang signifikan terhadap mutu layanan dan
kepuasan peserta. Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh pihak dapat bersinergi demi menciptakan pelayanan kesehatan yang berdampak positif terhadap perlindungan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.
Sekretaris Daerah Pemerintah Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi menyatakan dukungannya dalam implementasi loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan dan Portal Quick Response (POROS) di fasilitas kesehatan. Menurutnya. dengan adanya hal tersebut, diharapkan dapat semakin mempermudah serta mempercepat peserta JKN dalam memperoleh berbagai layanan informasi di fasilitas kesehatan.
“Dengan kolaborasi yang optimal, kita tingkatkan sinergi untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN. Hal ini harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan berbagai pihak, karena kita tidak akan bisa melaksanakan tugas secara sendiri-sendiri, kita perlu dukungan dari pihak lain yang memang menjadi bagian dari sebuah sistem yang tidak terpisahkan,” ucap Agus.(Fan)