CirebonRaya

Patung Kerbau Menjadi Ikon Pasar Caplek Plumbon

CIREBON-Pasar Desa Bode Lor Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, diresmikan. Peresmian pasar tersebut dilakukan oleh Bupati Cirebon, H. Imron Rosyadi pada Rabu (27/9/2023).

Pasar desa yang akrab disebut Pasar Caplek oleh masyarakat ini merupakan pasar desa yang sudah sejak lama berdiri di Jalan Kisabalanang. Bupati Imron mengungkapkan, berbicara Pasar Caplek ini, sewaktu kecil dirinya sudah mengenal pasar ini.

Ia menyambut baik dengan adanya perubahan pasar desa ini, karena tujuan awalnya adalah untuk mengembangkan perekonomian kerakyatan masyarakat desa setempat.

“Setelah diresmikan, kami meminta kepada masyarakat dan kuwu agar bisa menjaga pasar ini, terutama kebersihan dan keamanannya,” kata Imron.

Menurut Imron, zaman sudah canggih, maka bagaimana caranya mempromosikan dan mengemasnya agar masyarakat tertarik untuk berkunjung ke pasar desa ini.

“Apalagi punya ikon kerbau di depannya. Manfaatkan media sosial untuk mengenalkan pasar caplek ini ke luar,” kata Imron.

Imron berharap karena pasar ini sudah bagus dan bersih, maka jaga pasar ini jangan terlihat kumuh. Maka kebersihan dijaga sebagai daya tarik agar pengunjung datang untuk berbelanja di pasar ini. “Terus yang paling penting lagi, harganya dijaga standardisasinya,” katanya.

Kuwu Desa Bode Lor, Rofli mengatakan, pembangunan pasar bisa terselesaikan 100 persen. Menurutnya, tahap awal pembangunan pasar ini berencana akan dibangun di lapangan bola, tapi berjalannya waktu pembangunan tetap dilakukan di pasar ini.

“Ini adalah berkat perjuangan bersama, kami pemerintah desa didukung para pedagang yang sudah membiayai pembangunan, sehingga dapat diwujudkan satu pasar desa yang baru dan baik,” kata Rofli.

Bode Lor bisa membangun pasar desa dengan ikon kerbau, menurut dia, tidak lepas dari sejarah, bahwa Bode Lor ada perjuangan dari seekor kerbau yang bisa membajak lahan yang ada di Desa Bode Lor.

“Ini yang kita munculkan, kenapa ada patung kerbau di depan pasar, jadi ada makna dan tradisi adat Bode Lor, sehingga diharapkan bisa mengenalkan pasar Bode ini ke luar,” katanya.(Junaedi)

Back to top button