CirebonRaya

Cegah Stunting, DPPKBPPPA Ajak Masyarakat Ber-KB

CIREBON – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Cirebon terus lakukan pembinaan pada para Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD.

Sub PPKBD ini merupakan kepanjangan tangan pemerintah khususnya, Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dalam pelaksanaan program pengendalian penduduk, program keluarga berencana, penanganan stunting dan mengajak masyarakat untuk ber-KB serta mewujudkan ketahanan keluarga, melalui usaha yang dilakukan para perempuan desa.

Kepala Dinas DPPKBPPPA Kabupaten Cirebon, Hj. Enny Suhaeni mengatakan, pembinaan sekaligus silaturahmi ini untuk memberikan motivasi dan edukasi pada para kader Sub PPKBD agar dapat maksimal dalam melaksanakan tugas yang diembannya.

Antara lain, mengajak masyarakat untuk ber-KB dan menurunkan angka stunting. “Ada ratusan kader wilayah timur dan sekitarnya atau biasa disebut, koordinator wilayah (korwil) 1 dan 2,” katanya usai acara di halaman kantor Kecamatan Ciledug, Rabu (20/9/2023).

Enny menjelaskan, permasalahan stunting menjadi perhatian seluruh pihak, tak terkecuali DPPKBPPPA yang turut andil untuk menurunkan angka stunting. Para kader ini diberi edukasi dalam pemberian makanan bergizi, pada anak yang terindikasi stunting.

“Selain itu, mengajak warga untuk ber-KB, guna pengendalian penduduk dan permasalahan lain yang menjadi tugas para sub PPKBD,” jelasnya.

Masih dikatakan Enny, penanganan stunting tak hanya dari pemerintah, namun kesadaran masyarakat, khususnya orang tua agar membawa anaknya ke Posyandu, guna mengetahui tumbuh kembang bayi dan balita.

“Bila ada indikasi stunting, akan ditindaklanjuti bidan desa dan Puskesmas lalu dilaporkan ke kabupaten untuk penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan, peran serta seluruh pihak dalam menghadapi permasalahan yang ada di Kabupaten Cirebon, khususnya masyarakat membutuhkan bantuan.

“Tetap semangat dalam melaksanakan tugas yang diberikan,” harap Enny.

Bupati Cirebon, H Imron sangat apresiasi silaturahmi sekaligus pembinaan bagi para kader PPKBD dan Sub PPKBD. “Dengan adanya acara ini, menjadi penyemangat dan menambah pengetahuan para kader dalam melaksanakan tugas,” ungkapnya didampingi Camat Ciledug, Wawan Gunawan.(Supra) 

Related Articles

Back to top button