Finansial

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakati Kerja Sama Menekan Laju Inflasi

CIREBON – Dalam optimalisasi pengendalian inflasi, Bank Indonesia Cirebon laksanakan penandatanganan kerja sama antar daerah (KAD) di Kota Mataram, pada  Senin, 11 September 2023 malam.

Penadatanganan KAD, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dilakukan secara Aglomerasi High Level Meeting (HLM) ditandatangani langsung para Kepala Daerah se- Ciayumajakuning ini.

Setelah sebelumnya mereka melakukan studi banding ke TPID Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Senin siangnya, 11 September 2023

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon Hestu Wibowo mengungkapkan, penandatanganan KAD Aglomerasi TPID ini dalam menjaga ketersediaan pasokan  bahan pangan masyarakat, selain upaya membangun jaringan kerjasama antar daerah.

“Ini sebagaimana arahan dari Presiden RI. Karenanya, sebagai upaya memperkuat sinergi dan kolaborasi pengendalian inflasi daerah, khususnya dalam menginsentifkan pemenuhan ketersediaan pasokan, selain kerjasama dan penguatan data pangan, seluruhnya harus tertuang dalam nota kesepahaman bersama, sebagaimana yang telah kami laksanakan, ” tutur Hestu Wibowo.

Bentuk kesepakatan penandatanganan kerjasama TPID se-Ciayumajakuning, lanjutnya, merupakan yang pertama kalinya dijalin TPID di Indonesia.

“Dan tentunya di Kota Mataram ini yang pertama kali dilaksanakan kesepahaman penandatanganan kerjasama antar kepala daerah, sebagai bagian dari upaya Bank Indonesia bersama pemerintah daerah dalam mengendalikan laju inflasi,” tuturnya.

Bupati Kuningan, H.Acep Purnama menyatakan, dengan penandatanganan kesepakatan tersebut, pihaknya melihat bila Bank Indonesia begitu konsen untuk mengendalikan laju inflasi.

“Ini juga dalam upaya membangun daerah wilayah Cirebon. Karenanya, kami selaku Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tentu tak akan merasa ragu untuk saling mengisi kekurangan maupun kelebihan apa saja yang tidak dimiliki oleh masing-masing daerah lain di Ciayumasakuning ini,”  tutur Bupati Acep.

Senada yang disampaikan Bupati Cirebon H. Imron Rosyadi. Menurutnya, dalam upaya pemenuhan kebutuhan maupun penanganan permasalahan yang ada di masyarakat, pihaknya  bersama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) lain sepakat untuk terus melakukan koordinasi.(Epih)

 

Related Articles

Back to top button