CirebonRaya

537 Pelajar Ikuti Popkota Cabor Pencak Silat

CIREBON – Sebanyak 537 pelajar SD-SMA/SMK ikuti Pekan Olahraga Pelajar Kota (Popkota) Pencak Silat yang digelar di Sport Hall Bima Kota Cirebon selama dua hari, Rabu – Kamis (6-7/9/2023).

Menggunakan tiga gelanggang pertandingan, ada tiga nomor yang dipertandingkan yakni kategori tanding, tunggal dan solo kreatif untuk jenjang SMP.

Ketua Klub Olahraga Pelajar (KOP) cabang olahraga (cabor) Pencak Silat, Abdul Muis mengatakan, solo kreatif merupakan nomor baru yang dipertandingkan dan memang sudah ada di regulasi PP Nomor 22 yang saat ini. “Ini seninya, tapi kreasi sendiri dan iringan musiknya juga kreasi sendiri,” katanya.

Menurutnya, secara umum pelajar yang mengikuti cabor ini sangat antusias dibanding tahun kemarin. Kenaikan peserta sangat drastis, yang tahun lalu hanya sekitar 300 peserta.

“Meskipun pesertanya lebih dari lima ratus peserta, waktu pertandingan kita padatkan. Yang seharusnya tiga hari, karena menyesuaikan anggaran kita padatkan menjadi dua hari,” tutur Muis.

Muis berharap, setelah ini ada pembinaan agar tercipta atlet pelajar berprestasi. Usai Popkota, akan ada Popwil, Popda, Popnas hingga Asean School Game (ASG). Ini untuk jangka panjang.

“Kami juga ada tim talent scouting untuk memantau jalannya pertandingan untuk mencari bakat atau bibit-bibit atlet,” pungkasnya.(Jaka)

Related Articles

Back to top button