Ayumajakuning

Raih Predikat Terbaik, P2WKSS Gunung Sari Maju ke Tingkat Jabar

KUNINGANSetelah menyandang predikat terbaik di Kabupaten Kuningan, Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Desa Gunung Sari Kecamatan Cimahi akan diikutsertakan dalam kegiatan dan penilaian tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan, H Dian Rachmat Yanuar, saat memimpin rapat persiapan evaluasi dan verifikasi akhir yang akan dilakukan Tim Penilai P2WKSS Provinsi Jabar pada Oktober 2023,  Rabu (23/8/2023) mengungkapkan evaluasi ini melibatkan berbagai aspek mencakup program pembangunan fisik maupun non fisik di desa. Sehingga dapat mendukung keberhasilan program P2WKSS yang  didukung oleh prrangkat faerah dan pihak lain.

“Kami berharap kerja sama antara Pemkab Kuningan dan pihak lainnya untuk  partisipasi aktif, khususnya peran masyarakat setempat agar lebih ditingkatkan dan dijaga secara berkesinambungan. Hal ini bertujuan untuk mencapai hasil yang optimal  guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bukan hanya sebatas untuk meraih predikat terbaik dalam verifikasi akhir P2WKSS tingkat Jawa Barat,” katanya.

Menurutnya,  program P2WKSS merupakan suatu proses untuk meningkatkan peran produktif dan kemasyarakatan khususnya bagi  wanita, melalui keluarga sebagai satu kesatuan yang sangat mendasar. Beberapa aspek yang ditekankan dalam program ini mencakup peningkatan pengetahuan dan keterampilan terkait kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan komunikasi efektif dalam keluarga di tingkat desa.

Ia menyebutkan, dalam pelaksanaan program P2WKSS melibatkan sejumlah pihak. Di antaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pengendaliaan Penduduk, Keluarga Berencana (DPPKBP3A), Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Diskopdagperin dan sebagainya.Kemudian tim pelaksana P2WKSS  terdiri dari berbagai instansi, seperti perangkat faerah, TP. PKK Kabupaten Kuningan, perbankan, BUMD, swasta, rumah sakit, akademisi, organisasi kewanitaan dan unsur lainnya.

Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan, Trisman Supriatna, menyampaikan program terpadu P2WKSS dilaksanakan untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan, dengan berfokus pada pengembangan sumber daya manusia, lingkungan, dan keluarga yang sehat, sejahtera dan bahagia.

“Perempuan menjadi  penggerak utama dalam mewujudkan tujuan tersebut,”ujarnya.

Menurutnya, dalam upaya mendukung program ini, sejumlah upaya telah dilakukan, seperti pelatihan tata boga, pemberdayaan masyarakat melalui KKN perguruan tinggi, pemanfaatan pekarangan rumah untuk pertanian hidroponik, serta penanaman bibit sayuran dan pohon.

“Semua ini dilakukan dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat di Desa Gunung Sari,”katanya.(Emsul)

 

 

Related Articles

Back to top button