CirebonRaya

Cegah Kekerasan Anak, KPAID Gelar Sosialisasi di SMAN 1 Jamblang

CIREBON – Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Cirebon menggelar sosialisasi pencegahan kekerasan pada anak di SMA Negeri 1 Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jumat (25/8/2023).

Selain pencegahan kekerasan pada anak, KPAID Kabupaten Cirebon yang diketuai Hj Fifi Sofiyah juga mensosialisasikan pencegahan perundingan atau bullying, pergaulan bebas, pelecehan seksual, pencabulan dan lain sebagainya kepada ratusan generasi muda tersebut.

“Perlu diketahui, pelecehan seksual ini luar biasa peningkatannya di Kabupaten Cirebon. Siapa korbannya?, korbannya adalah perempuan,” ujar Hj Fifi.

Dalam kondisi anak di bawah umur mengandung dan melahirkan, kata wanita berhijab yang akrab disapa Bunda Fifi tersebut, itu akan rentan sekali dengan yang namanya stunting.

“Di samping itu, untuk seorang perempuan yang masih belia mengandung dan melahirkan akan mudah terjangkit penyakit kanker rahim, kanker serviks dan HIV,” katanya.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 1 Jamblang Kabupaten Cirebon, Mohammad Usman menuturkan, pihaknya bekerja sama dengan lembaga-lembaga di Kabupaten Cirebon tentunya untuk menambah wawasan dan juga menghadapi masa depan anak. “Alhamdulillah acara ini berjalan dengan baik dan lancar,” tuturnya.

Dilihat dari respon anak-anak terkait dengan kegiatan ini, menurutnya para siswa maupun siswi responnya sangat luar biasa guna menambah wawasan siswa. “Yang kita lakukan saat ini adalah agar anak memahami bahwa dia  sebagai warga negara yang baik, dalam hal ini menghadapi perundungan, kekerasan dan tindakan yang merugikan lainnya bisa dicegah. Juga menghadapi pemilu bagi anak yang sudah mendapatkan hak pilih sudah menjadi siap,” tandasnya.(Jaka) 

 

Back to top button