Pemilu

DCS Ditetapkan, Partai Garuda Hanya Enam Bacaleg

CIREBON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, telah mengetok palu menetapkan bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD setempat, di Kantor KPU, Jumat (18/8/2023).

Jumlahnya ada 679 Bacaleg. Namun, dari jumlah itu, Partai Garuda paling sedikit memiliki Bacaleg, yakni hanya enam orang saja.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi menjelaskan, secara keseluruhan dan sudah dilakukan seleksi secara administratif ada sekitar 735 Bacaleg yang diajukan oleh Partai Politik (Parpol). Dan yang masuk DCS ada 679 orang Bacaleg.

Ia juga memperinci, dari jumlah 679 Bacaleg yang masuk DCS itu, yang 100 persen bacalegnya memenuhi syarat atau ada 50 orang yakni di antaranya PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, Hanura, Demokrat. Sedangkan partai lainnya yakni Partai Buruh 44 Bacaleg, Gelora 43 Bacaleg, PKS 49, PKN 12 Bacaleg.

“Kemudian Partai Garuda ada 6 Bacaleg. Selanjutnya PAN ada 42, PBB ada 12, PSI ada 20, Perindo ada 47, PPP ada 32 dan terakhir Partai Umat ada 22,” kata Sopidi.

Menurutnya, secara prosentase yang masuk ke DCS dari total jumlah Bacaleg yang diajukan oleh Parpol sebesar 92.38 persen. Jumlah yang tercantum di DCS ini tidak bisa berubah sampai dengan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

“Untuk kuota jumlah tidak bisa berubah, namun untuk penggantian nama bisa dilakukan setelah pencermatan rancangan DCT yang mana rancangan DCT ini akan dilaksanakan pada 24 September sampai 4 Oktober 2023,” katanya.

Sopidi melanjutkan, salah satu Bacaleg untuk bisa masuk DCS adalah memenuhi syarat. Persyaratan administrasi yang dimaksud adalah administrasi yang lengkap dan benar.

“Masyarakat juga diberikan ruang untuk memberikan masukan kepada Bacaleg ini. Dimana masukan dari masyarakat akan dilaksanakan pada 19-28 Agustus 2023,” katanya.

Tanggapan masyarakat ini, menurut Sopidi bisa dilakukan pergantian oleh Parpol. Pergantian oleh Parpol juga bisa dilakukan seperti Bacaleg tersebut meninggal dunia.

Disinggung ada tidak kegandaan setelah penetapan DCS ini, Sopidi mengatakan kegandaan akan terlihat nanti setelah dilakukan verifikasi administrasi (Vermin). Dan kalau ditemukan kegandaan maka akan dilakukan proses mutatis dan mutandis .

“Dan untuk kuota perempuan semua Parpol sudah memenuhi dimana jumlah laki-laki sebanyak 452 orang dan perempuan sebanyak 283 orang,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, H Imron menyampaikan, pihaknya bersama dengan perwakilan partai lain telah mengikuti kegiatan pleno penetapan DCS bacaleg DPRD.

Dan dari PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon sendiri, kata dia, sudah 100 persen terdaftar dalam DCS. “Dari PDIP dari semua yang kami usulkan, 50 bacaleg semuanya memenuhi syarat dan masuk DCS,” ungkap Imron.(Ismail)

Related Articles

Back to top button