CirebonRaya

Desa Trusmi Kulon Ditetapkan Sebagai Kampung Bebas Narkoba

CIREBON – Desa Trusmi Kulon Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon ditetapkan sebagai Kampung Bebas Narkoba.
Upaya pemberantasan Narkoba terus dilakukan oleh Jajaran Sat Narkoba Polresta Cirebon sebagai pencegahannya.

Sat Reserse Narkoba Polresta Cirebon memilih Desa Trusmi Kulon Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon sebagai kampung bebas narkoba. Dalam penetapan kampung bebas narkoba tersebut dihadiri langsung oleh Kasat Narkoba Polresta Cirebon, Kompol Dadang Garnadi yang juga dihadiri Muspika Kecamatan Plered.

“Maksud tujuan kami dalam menetapkan Desa Trusmi Kulon sebagai kampung bebas Narkoba. Artinya Kampung ini terbebas dari penyalahgunaan narkoba,” kata Kompol Dadang, Rabu (9/8/2023) sore.

Pihaknya memilih Desa Trusmi Kulon sebagai embrio untuk memerangi peredaran narkoba di wilayah Kecamatan Plered. Sebab, berdasarkan dari tahun 2021 hingga Juli 2023 Kecamatan Plered menempati urutan ketiga dalam pengungkapan terbesar di wilayah Kabupaten Cirebon. Yang pertama tertinggi, di Kecamatan Gebang, kedua Kecamatan Babakan.  “Kita harapkan yang awalnya rawan di Kecamatan Plered menjadi bersih dari narkoba,” ujar Kompol Dadang.

Adapun langkah selanjutnya, dari Sat Narkoba Polresta Cirebon, akan bekerja sama dengan TNI dan juga BNN untuk memberikan sosialisasi bahaya narkoba. Baik secara langsung, maupun menempatkan spanduk di Desa Trusmi Kulon agar masyarakat paham bahaya narkoba.

“Kami akan memberikan edukasi preventif. Kita lakukan pencegahan dulu, kalau tidak bisa dicegah dan masih ada kita melakukan penindakan,” tuturnya.

Kompol Dadang menambahkan, pencegahan narkoba ini, polisi akan melibatkan Karangtaruna setempat untuk mengajak berolahraga bersama. Karena menurutnya, olahraga juga merupakan pencegahan narkoba. “Kita akan beri bantuan apa, untuk aktivitas olahraga pemuda agar terhindar dari narkoba,” imbuhnya.

Camat Plered Dindin W Ridwan, mengungkapkan, atas nama pemerintah kecamatan mengucapkan terima kasih kepada Polresta Cirebon yang sudah menjadikan Desa Trusmi Kulon ini sebagai pilot project, sebagai kampung bebas narkoba.

Ia berharap, dengan adanya program seperti ini, Kecamatan Plered benar-benar bebas dari narkoba. “Kami dari pemerintah kecamatan siap mendukung dan bersinergi program dari pemerintah Daerah dan Polresta Cirebon ini dengan membentuk satgas dengan memberikan penyuluhan dan edukasi terkait bahaya narkoba sehingga program ini bisa berjalan dengan baik sehingga dapat tercipta kampung yang bebas narkoba,” ungkapnya.

Sementara itu kuwu Desa Trusmi Kulon Abdul Tolib menambahkan, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Sat Narkoba yang sudah peduli dengan Desa Trusmi Kulon. “Kami saat dihubungi Sat Narkoba Polresta Cirebon dan ditunjuk sebagai kampung percontohan bebas Narkoba kami langsung siap.”

“Kita siap dengan jajaran perangkat desa dan peduli dengan anti narkoba. Terima kasih dan mohon petunjuk kalau kami tidak bisa maksimal, tolong kerja samanya dalam pencegahan dini narkoba,” tambahnya.(Jaka) 

 

Back to top button