Ayumajakuning

Sejalan Lahirnya Revolusi Industri 4.0, ASN Harus Siap Hadapi Era Kecerdasan Buatan

KUNINGAN-Aparatur sipil negera (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan harus mampu menghadapi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sejalan dengan lahirnya  revolusi industri 4.0. Karena semua komponen dituntut dapat beradaptasi dan berinovasi dalam menciptakan karya berbasis teknologi digital.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan H Dian Rachmat Yanuar, dalam apel pagi di Halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Kuningan, Jumat (4/8/2023) mengungkapkan,  dalam menghadapi tantangan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, perlu adanya peningkatan kapasitas dan kualitas dari sumber daya manusia (SDM). Terutama kemampuan ASN di bidang teknologi harus memiliki kecerdasan untuk beradaptasi terhadap perkembangan transformasi digital. Hal ini bertujuan memberikan kemanfaatan untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Kecerdasan buatan (AI) tidak akan mampu mengalahkan kecerdasan manusia. Karena manusia adalah ciptaan Tuhan yang memiliki sifat kreatif dan inovatif. Sedangkan yang namanya kecerdasan buatan sangat tergantung programmer,” katanya.

Sekda yang belum lama ini sempat  mengikuti pelatihan Digital Capacity Building Program for Civil Servant of West Java Province di Local Government Officials Development Institute (LOGODI) di Korea Selatan ini mengingatkan, agar para ASN tetap semangat dalam menjalankan tugasnya dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Menyikapi berbagai perubahan teknologi, kami imbau ASN di Pemkab Kuningan untuk terus membangun jiwa kedisiplinan, kapasitas, dan attitude yang baik. Kepada seluruh pegawai untuk tetap guyub dan kompak dalam menjalankan tugas,” tuturnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kuningan, Elon Carlan, menyampaikan terima kasih kepada Sekda  yang telah memberikan motivasi kepada seluruh jajaran pegawai dan pejabat Disnakertrans.

“Kami bersyukur atas apresiasi dan respon dari Pak Sekda terhadap Disnakertrans, yang sudah menyempatkan untuk memimpin apel dan bersilaturahmi dengan seluruh pegawai. Ini memacu kami untuk memberikan yang terbaik dalam layanan berbasis digital kepada masyarakat. Dengan layanan digital tentu akan lebih memudahkan masyarakat mengakses informasi dan program yang ada di Instansi kami,” katanya.

Sementara itu, memimpin apel di Disnakertrans ini merupakan lawatan ke-19 bagi Sekda  yang rutin berkeliling ke setiap instansi di lingkungan Pemkab Kuningan.(Emsul)

 

Related Articles

Back to top button