CirebonRaya

Lepas Kontingen Kwarcab Cirebon,  Imron: Jaga Nama Baik Kabupaten Cirebon

CIREBON – Sebanyak 34 Anggota Pramuka dari Kwartir cabang Cirebon menjadi kontingen Raimuna Nasional XII 2023 di Cibubur Jakarta pada tanggal 13-22 Agustus mendatang.

Pelepasan Kontingen Raimuna Nasional XII 2023 Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Cirebon dipimpin langsung  Bupati Cirebon, H. Imron Rosyadi di Pendopo Bupati Jalan Kartini Kota Cirebon, Jumat (4/8/2023).

Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan  Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting hingga tingkat nasional.

Bupati Cirebon, H Imron Rosyadi mengatakan Raimuna nasional adalah pertemuan pramuka penegak dan pramuka pendega seluruh indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang dilaksanakan lima tahun sekali oleh pramuka indonesia.

Menurutnya kegiatan ini bertujuan untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan pramuka penegak dan pendega dalam rangka rekrearif dan edukatif.

“Kami sampaikan bahwa kegiatan Raimuna yakni kegiatan di alam terbuka, menantang, ceria dan penuh dengan simbol simbol perjuangan bangsa sehingga mental-mental generasi muda tetap selalu terpatri dengan karakter-karakter yang positif,” katanya.

“Kegiatan-kegiatan bagi anak-anak muda yang terus menerus dilakukan sehingga menghasilkan pemuda-pemuda yang tangguh dan dapat dipercaya,” imbuhnya.

Imron menjelaskan sejarah memang telah mencatat peranan besar anggota pramuka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. pada awal kebangkitan nasional, para anggota pramuka mempunyai peranan besar dalam membangkitkan semangat kebangsaan.

“Untuk lebih memantapkan eksistensi gerakan pramuka, telah terbit undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka sehingga dengan undang-undang ini gerakan pramuka dapat memantapkan dirinya dalam eksistensi pembangunan di Kabupaten Cirebon,” katanya.

Imron mengajak para anggota dewan gerakan pramuka untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan kemajuan dan perkembangan gerakan pramuka khususnya Kwartir cabang Cirebon.

“Marilah kita bersama-sama berupaya melakukan hal-hal yang terbaik, demi masa depan kaum muda Kabupaten Cirebon yang lebih cerah. Laksanakanlah kegiatan Raimuna Nasional XII ini dengan baik, penuh dengan kehati-hatian tetapi tetap, ceria, berdedikasi, berprestasi, jaga nama baik Kabupaten Cirebon,” pintanya.

Di tempat yang sama Ketua Kwarcab Cirebon, H Jaya Supriadinata mengatakan pihaknya mengirimkan 34 anggota diantaranya dua orang pemimpin kontingen untuk acara Raimuna Nasional XII di Cibubur.

“Kita kirim dua sangga perempuan dan dua sangga pria untuk ikut Raimuna Nasional, untuk satu sangga terdiri dari delapan orang jadi total ada 32 orang ditambah dua pimpinan kontingen, jadi total keseluruhan 34 orang,” katanya.

Ia menjelaskan para kontingen yang ikut Raimuna tersebit nanti ada beberapa kegiatan seperti lomba, berkemah.

“Mereka nanti akan hidup mandiri selama dua minggu , masak sendiri, bahan dari panitia berupa bahan mentah, bumbu mentah dan semuanya jadi semunya serba mandiri,” katanya.(Junaedi)

 

Related Articles

Back to top button