CirebonRaya

RW 04 Kebon Benteng Tengah Dikunjungi Kuwu Kabupaten Banyumas

CIREBON – Sebanyak 12 Kuwu bersama perangkat desa se-Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah mengunjungi green house yang berada di RW 04 Kebon Benteng Tengah Kelurahan Kesenden Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon, Jumat (4/8/2023).

Ketua RW 04 Kebon Benteng Tengah, Kamsari Adnan Ramdhani merasa bangga dan bersyukur karena green house di wilayah RW bisa dikunjungi pihak luar Provinsi. “Cukup bangga dan bersyukur bisa dikunjungi dan menjadi wilayah studi komparatif bagi daerah lain di luar Kota Cirebon. Semoga bisa meningkatkan lagi kreatifitas masyarakat kami,” katanya.

Sementara itu Lurah Kesenden, Rulianto menyebutkan, green house ini merupakan upaya pemanfaatan lahan di perkampungan untuk ketahanan pangan di wilayah setempat. Tujuannya, untuk pemenuhan gizi berbasis masyarakat dengan meningkatkan pola konsumsi sayur dan buah.

Related Articles

Green house diresmikan pada Januari 2022 dan akan terus ditindaklanjuti secara serius melalui edukasi tata cara menanam hingga memiliki nilai jual melalui metode yang tepat.

“Green house ini kan berkolaborasi dengan rumah zakat, kita ingin memaksimalkan posisi green house menjadi icon ekonomi penggerak. Misal mengubah sampah rumah tangga menjadi magot. selain baik untuk tanaman, juga sudah memiliki nilai ekonomi,” sebutnya.

Dijelaskan Rulianto, ada beberapa tanaman yang sudah berjalan, yakni pokcoy, kangkung dan lainnya. “kami ingin memaksimalkan green house sebagai icon penggerak ekonomi, misalnya mengubah sampah rumah tangga menjadi magot.

Magot ini selain baik untuk tanaman juga punya nilai jual, adapun kunjungan rekan-rekan dari Banyumas ini berawal dari Googling soal penanganan sampah dan ternyata nama Kesenden tertera di sana,” ungkapnya.(Jaka) 

Back to top button