Pendidikan

STIKes Ahmad Dahlan Gelar Pelatihan Bersertifikat Perawat

CIREBON – Puluhan perawat dan calon perawat di wilayah III Cirebon ikuti pelatihan bersertifikat keperawatan yang di gelar oleh STIKes Ahmad Dahlan Cirebon.

STIKes Ahmad Dahlan Cirebon merupakan salah satu perguruan tinggi di wilayah Cirebon yang rutin melaksanakan kegiatan pelatihan bagi para perawat dan juga calon perawat.

Seperti halnya, baru-baru ini STIKes Ahmad Dahlan Cirebon telah menggelar kegiatan pelatihan berupa pelatihan Basic Trauma Caridac Life Support (BTCLS) dan pelatihan Perawatan Luka Modern (CWCCA) yang diikuti peserta sekitar 80 orang.

Pelatihan BTCSL atau Basic Trauma Caridac Life Support (BTCLS) merupakan salah satu pelatihan dasar bagi perawat dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardioviskuler.

Ketua STIKes Ahmad Dahlan Cirebon, Hj Ruswati mengatakan, kedua pelatihan tersebut diselenggarakan sebagai wadah bagi para perawat dan juga calon perawat yang ada di wilayah III Cirebon untuk dapat mengasah skill keperawatannya sehingga pada saat pelaksanaan kerja di lapangannya dapat memiliki kompetensi yang menunjang.

STIKes Ahmad Dahlan Cirebon dalam dua minggu kemarin telah berhasil melaksanakan kegiatan pelatihan bagi para perawat dan respon dari para peserta pun cukup baik karena materi yang diberikan pun telah mengikuti dengan kondisi di lapangan.

“Ditambah lagi dengan pengenalan alat-alat baru sehingga mereka pun memiliki ilmu baru juga untuk menambah kompetensi,” katanya.

Hj Ruswati menjelaskan, kedua pelatihan yang diberikan juga telah menggandeng dengan pihak yang memiliki potensi di bidangnya, seperti halnya untuk Pelatihan BTCLS menggandeng pihak AGD 118 Jakarta dan untuk Pelatihan CWCCA menggandeng pihak Wocare For Indonesian Nurses.

Adapun materi yang diberikan pada saat Pelatihan BTCLS di antaranya trauma kepala dan spinal. “Pelatihan ini juga bukan hanya sekedar materi namun dilakukannya juga praktek hingga ujian praktek untuk mengasah kemampuan para peserta,” jelasnya.(Jaka) 

Back to top button