Ayumajakuning

Pertandingkan 15 Cabor, Kuningan Jadi Tuan Rumah Porpemda Jabar

 

 

KUNINGANKabupaten Kuningan dipercaya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda) Jawa Barat 2023. Even tersebut akan diikuti oleh para atlet yang berasal dari unsur aparatur sipil negara (ASN) perwakilan dari 27 kabupaten dan kota.

Ketua Dewan Pimpinan (DP) Korpri Jawa Barat, H. Daud Achmad mengakui ketika Kabupaten Kuningan  menjadi tuan rumah pada 2012, mampu menyelenggarakan kegiatan secara sukses, meriah sekaligus melahirkan para atlet potensial. Sehingga pada pekan olahraga nasional (Pornas), Jawa Barat mampu menggondol gelar juara umum.

Sehingga kesuksesan tersebut diharapkan terulang kembali. Karena Kabupaten Kuningan dipercaya sebagai tuan rumah Porpemda Jawa Barat yang akan diselenggarakan pada November 2023  harus menjadi ajang kompetisi untuk mencari bibit-bibit atlet potensial dari setiap daerah.

“Semangat sportifitas dan silaturahmi menjadi hal yang mesti diutamakan dalam penyelenggaraan Porpemda tahun ini,” katanya, Jumat (28/7/2023).

Wakil Ketua DP Korpri Jawa Barat, H. Asep Sukmana mengajak menyepakati  Kabupaten Kuningan sebagai tuan rumah, dengan pelaksanaan Porpemda sebelum dan sesudah peringatan HUT Korpri yang jatuh pada 29 November 2023.

“Pesertanya boleh diikuti oleh ASN yang terdiri dari PNS, CPNS dan PPPK,”katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan merangkap Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Korpri, H. Dian Rachmat Yanuar optimistis mampu menyukseskan Porpemda. Apalagi ketika  2012, Kota Kuda menjadi tuan rumah dan berhasil melahirkan atlet berprestasi hingga ke tingkat Pornas Korpri.

Menurutnya,  Porpemda bukan hanya ajang pertandingan olahraga, melainkan juga sebagai media untuk menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai daerah kunjungan wisata dan mempromosikan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Karena ditargetkan peserta yang akan hadir perwakilan 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat.

“Hasil kesepakatan, Porpemda akan dibuka pada 25 November dan ditutup  29 November berbarengan dengan HUT Korpri,” ucapnya.

Namun dengan berbagai pertimbangan termasuk efektifitas, ada beberapa cabang olahraga (cabor) yang akan dimulai sebelum pembukaan resmi. Karena tahun ini, tercatat 15 cabor akan dipertandingkan pada Porpemda, yang terdiri dari  gerak jalan, bola voli, tenis meja, tenis lapang, bulu tangkis, catur, senam Jabar juara, futsal, golf, biliar, bola basket, tarompah panjang, hadang, sumpitan dan egrang.(Yan)

Related Articles

Back to top button