Opini

Inilah Skill yang Wajib Dimiliki Milenial Zaman Sekarang

Oleh: Khaerudin
Alumni Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon

KETIKA kita lahir ke dunia, disadari ataupun tidak, tangan kita berada dalam posisi menggenggam. Posisi menggenggam itu didefinisikan dengan adanya berbagai taqdir yang akan kita temui dan hadapi. Diantaranya adalah cita-cita dan mimpi.
Walau pada akhirnya seringkali kenyataan tak selalu seperti yang kita harapkan, tapi semua itu bukanlah salah kita. Upaya yang terus dan tak pernah henti tentu adalah cara terbaik agar kita senantiasa dapat mengarungi hidup ini.

Di zaman semakin canggih ini, manusia dituntut memiliki berbagai keahlian (skill).

Bukan tanpa maksud, melainkan semua itu bertujuan agar manusia dapat beradaptasi dengan kondisi zaman yang semakin hari semakin menemukan perkembangan, mulai dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang setiap saat selalu terjadi pembaharuan yang lebih modern tentunya.

Semua itu terjadi karena ilmu pengetahuan semakin hari akan semakin menyesuaikan kebutuhan manusia, dan kita tidak dapat menghindari kondisi tersebut.

Sebagai generasi muda atau milenial mencari dan mengasah skill dimasa sekarang adalah sebuah keharusan.

Selain karena memang menjadi sebuah kebutuhan, hal lain yang menjadikan kita harus memiliki skill yaitu karena zaman sekarang persaingan semakin kompetitif dan semakin ketat.
Persaingan tersebut bukan hanya dimulai pada dunia kerja saja, melainkan dimulai sejak kita masih usia belia.

Oleh karena itu, agar kita dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dalam menghadapi tantangan zaman ini beberapa skill atau keahlian memang harus kita miliki.

Dunia yang semakin padat penduduk, melebarnya informasi agar tersampaikan oleh khalayak umum, menjadikan kita tertuntut untuk dapat menyampaikan informasi dengan baik kepada orang lain.

Ya, Publick Speaking adalah keahlian yang sangat diperlukan tentunya. Publick speaking merupakan keahlian utama yang harus dimiliki oleh generasi muda di era sekarang.

Karena generasi muda bukan hanya menuntut dirinya agar piawai dalam pekerjaan, melainkan mereka harus berani menjadi seorang pemimpin dimasa depan nanti. Dan salah satu skill yang harus dimiliki oleh pemimpin adalah kemampuan berbicara didepan banyak orang.

Kemampuan berkomunikasi dengan baik kepada orang lain akan membantu kita ketika menyampaikan tujuan yang kita maksud. Selain itu kita juga dapat bmeyakinkan lawan bicara kita tentang apa yang sebenarnya kita inginkan.

Namun kemampuan berkomunikasi dengan baik bukan hanya diartikan sebagai berbicara saja, melainkan dapat pula diartikan sebagai kemampuan mendengan lawan bicara atau orang lain.

Banyak sekali kita temui bahwa, terkadang orang belajar dan menuntut ilmu sampai tingkat yang paling tinggi. Namun ilmu pengetahuan yang dimilikinya, tak sempat tersampaikan dan terkomunikasikan dengan baik keadaan semua orang.

Hal ini terjadi karena ia tidak mengerti arti pentingnya skill publick speaking. Sederhananya, sedikit atau banyaknnya ilmu pengetahuan kita, jangan sampai hanya sekedar celengan yang Cuma kita sendiri yang merasakannya, tidak tersampaikan oleh oang lain.

Dalam sebuah pekerjaan apapun kita dituntut bukan hanya pandai mengelola kemampuan intrapersonal, melainkan kemampuan interpersonal juga harus kita miliki juga.

Karena sebaik apapun skill yang dimiliki oleh diri kita, semua itu belum optimal jika kita tidak memiliki kemampuan untuk bekerja sama. Oleh karena itu, kerja sama memang memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang proses tersebut.

Globalisasi yang semakin menemukan perannya dalam kehidupan sehari-hari menjadikan kita selalu berusaha menyesuaikan diri. Keahlian yang dimiliki, mungkin kadang tidak rugi jika kita hanya mengerti sendiri.

Namun untuk berjalannya suatu maksud dan tujuan yang lebih besar lagi, tentu kita membutuhkan dukungan dari banyak orang. Dan hal inilah yang dimaksud pentingnya kita memiliki kemampuan kerjasama. Karena dengan kerjasama, tujuan kita akan lebih muda dan ringan untuk dicapai.

Banyak sekali kegiatan, pekerjaan yang pasti membutuhkan kerja sama dengan pihak lain, agar pekerjaan dan kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya dapat menemukan hasil yang lebih baik dan mendapatkan keuntungan yang lebih dari sebelumnya.

Salah satu keahlian yang wajib dimiliki oleh individu agar sebuah rencana dan maksud dapat berhasil yaitu kemampuan melobby (negosiasi).

Negosiasi begitu sangat penting dimiliki oleh individu, terutama mereka yang selalu bergemelut dilingkungan instansi yang besar. Jangankan intansi, bahkan dunia sekolahpun sudah terasakan bahwa negosiasi memang dibutuhkan didalamnya.

Sebuah kerjasama atau kesepakatan dalam rencana akan terapresiasi dengan baik jika kita memiliki keahlian negosiasi yang baik, karena negosiasi adalah alat sambung yang sangat membantu dalam mencapai tujuan yang kita inginkan.

Sudah tak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan dizaman sekarang memang tak jauh dengan teknologi, baik berupa Hand Phone, komputer, mesin-mesin proyek yang besar dan lain sebagainya.

Selain sebagai alat bantu, teknologi juga sudah dipercaya menjadi hal yang wajib ada dalam setiap pekerjaan manusia. Karena dengan teknologilah pekerjaan manusia dapat dengan mudah terselesaikan.

Sebuah transaksi keuangan, sekarang sudah masif sekali digaungkan menggunakan metode yang digital. Jual beli, manufaktur, produksi pabrik, programing semuanya telah menggunakan tenaga mesin dan teknologi. Semua itu menuntut kita agar senantiasa cekatan dan selalu up to date dalam hal teknologi.

Terlebih lagi kita seringkali disebut sebagai generasi alfa, yakni generasi yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Lingkungan bermain kita sudah tidak lagi bersentuhan dengan hal-hal konvensional.

Kita selalu diharapkan menjadi energi baru, agen dalam perubahan perkembangan tenologi yang semakin hari semakin pesat seperti sekarang ini. Oleh sebab itu kita dituntut agar dapat memiliki keahlian dalam mengelola dan mengendalikan produk-produk teknologi tersebut.

Melihat realita yang ada, setiap orang menggenggam gadget masing-masing, menjadikan kita terkadang begitu geregetan. Bagaimana tidak, gadget yang digenggam setiap orang dalah alat yang tidak pernah disepelekan fungsinya.

Dengan gadget setengah kehidupan individu bergantung padanya. Mulai dari awal bangun tidur bahkan sampai tidur lagi, dapat dipastikan gadget tidak mungkin ketinggalan dalam setiap aktivitas kita.

Kendati demikian, kita sebagai generasi milenial jangan begitu terlena dengan hal tersebut. Justru adanya gadget yang sekarang menemani segala aktifitas kita dalam kehidupan sehari-hari seharusnya menjadi alat pembelajaran dan penunjang untuk kita agar senantiasa giat mengupgrade skill dan potensi yang dimiliki oleh kita.

Disamping kemajuan teknologi yang semakin pesat, keseimbangan dalam menghadapinya perlu kita ketahui. Berfikir kritis adalah bagian dari kebutuhan yang skill yang wajib dimiliki oleh generasi milenial.

Perkembangan teknologi tidak bisa kita selalu maknai dengan kata mudah dan gampang dalam menjalaninya, perlu trik khusus agar kita tetap bijak menggunakan produk teknologi yang semakin merambah ini.

Berfikir kritis adalah sikap yang dapat menyelesaikan kita tatkala menemui tantangan dan rintangan, terlebih lagi informasi yang terkadang beredar di media sosial tidak sepenuhnya benar.

Check and Recheck adalah hal penting yang harus kita lakukan, berfikir kritis menelaan dan mencari sumber informasi sebenarnya adlaah hal yang bijak kita lakukan agar terhindar dari berita hoax yang merambah ke dunia perkembangan teknologi.

Keahlian yang terakhir harus dimiliki oleh milenial yaitu, kemampuan spiritual yang baik. Hidup yang terkadang begitu melelahkan, pekerjaan yang begitu padat merayap, dan lingkungan yag seringkali membuat kita penat dan kesal selalu membuat emosi kita tak terkendali.

Selain keahlian diatas yang wajib dimilii kaum milenial, keahlian spiritualpun menjadi hal yang wajib dikuasai oleh individunya. Karena semakin berkembangnya zaman maka tantangan pun akan semakin banyak oleh karena itu kita pun harus memiliki kendali untuk menyesuaikan itu semua.***

Related Articles

Back to top button