Pendidikan

Language and Culture Exhibition Jadi Ajang Kreativitas Mahasiswa IPB Cirebon

CIREBON – Institut Pendidikan dan Bahasa (IPB) Cirebon menggelar acara Language and Culture Exhibition yang berlangsung di kampus setempat yang berada di Jalan Brigjen Dharsono Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon.

Ajang kreativitas mahasiswa yang diselenggarakan hingga sejak Senin-Selasa (25-26/7/2023) mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai, melibatkan sedikitnya 100 mahasiswa tingkat 1-3. Kegiatan tersebut, juga dihadiri oleh sejumlah mahasiswa baru.

Rektor Institut Pendidikan dan Bahasa (IPB) Cirebon, Mahfud melalui Wakil Rektor Bidang Akademik, Metta Mariam mengatakan, acara ini tentang hasil karya Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah mahasiswa IPB Cirebon yang telah dijalani selama semester genap.

Jadi beberapa mata kuliah yang sudah ditentukan itu harus punya luaran antara lain ada drama, multi media animasi, multi media videografi, sketsa desain dan grafik desain. “Karya mahasiswa tersebut ditampilkan dalam bentuk pagelaran atau exhibition untuk ditampilkan ke khalayak ramai,” kata Metta.

Metta menambahkan, acara Language and Culture Exhibition ini baru digelar pertama kali di IPB Cirebon dengan sasaran calon mahasiswa baru dan masyarakat yang ingin menunjukkan bahwa di IPB Cirebon selain belajar dan menekuni bahasa, tetapi mereka juga mempunyai skill desain komunikasi visual.

“Kalau bahasanya bisa ditampilkan di drama seperti cara pengucapan dan penghafalan bahasa Inggris atau Jepang bisa dilihat dari mereka dalam bermain drama, ” jelasnya.

Sedangkan, tambah Metta, untuk desain komunikasi visual adalah kompetensi lain dari bahasa yaitu ada multi media animasi, multi media videografi, sketsa desain dan grafik desain yang tersebar dari tingkat 1-3, sementara untuk mahasiswa tingkat 4 tidak dilibatkan karena mereka sedang fokus menyusun skripsi.

Ke depan, acara Language and Culture Exhibition ini akan dilakukan setiap tahun dengan tema yang berbeda.
Metta berharap, dengan kegiatan ini masyarakat mempunyai daya tarik bahwa ternyata di IPB Cirebon mahasiswanya tidak hanya belajar bahasa tetapi mereka juga dididik memiliki dalam bidang seni dan budaya.

Selain itu, ia juga berharap, dalam kegiatan ini semoga mahasiswa lebih terlatih tampil di masyarakat sebab selama ini mereka hanya tampil di internal kampus tetapi kedepan dapat berani tampil di masyarakat dengan karya yang lebih baik lagi.

Terkait Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Metta menyebutkan, hingga saat ini IPB Cirebon telah menampung pendaftaran mahasiswa baru di atas 500 orang. Pendaftaran mahasiswa baru akan ditutup pada September 2023 mendatang. Capaian pendaftaran mahasiswa baru ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Semoga ke depan keberadaan IPB Cirebon semakin diakui tidak hanya masyarakat Cirebon tetapi juga masyarakat Wilayah III Cirebon, bahkan semakin luas di luar Wilayah III Cirebon,” pungkasnya.(Jaka) 

 

Back to top button