CirebonRaya

Penyelenggara Pemilu Kecamatan Depok Gelar Sosialisasi

CIREBON – Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu), yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan juga Pengawas Kecamatan (Panwascam) Depok, Kabupaten Cirebon menggelar sosialisasi terkait Pemilu 2024 mendatang.

Sosialisasi sendiri dilakukan dengan cara berkeliling di wilayah Kecamatan Depok. “Sosialisasi yang dilakukan pihaknya ini adalah dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat Kecamatan Depok terkait pelaksanaan Pemilu 2024,” kata Kordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, PPK Depok, Wahyono, Rabu (19/7/2023).

Pada Pemilu 2019 kemarin, lanjut dia, tingkat partisipasi masyarakat di wilayahnya sekitar 76 persen. Angka itu menempati peringkat partisipasi yang lumayan baik se-Kabupaten Cirebon. “Untuk itu, guna memaksakan tingkat partisipasi ini kami berkolaborasi dengan Panwascam mengadakan sosialisasi secara masif kepada masyarakat,” ujar Wahyono.

Related Articles

Pihaknya juga tidak menampik, kalau masyarakat khususnya warga Kecamatan Depok masih banyak yang belum mengetahui pelaksanaan Pemilu 2024 nanti. Sedangkan di sisi lain, tahapan Pemilu sendiri sudah berjalan cukup lama.

“Untuk itu kami dari PPK Depok akan terus melakukan sosialisasi dan berkolaborasi dengan Panwascam selaku sesama penyelenggara pemilu di tingkat Kecamatan,” katanya.

Selain melakukan sosialisasi secara masif dengan berkeliling wilayah kecamatan, pihaknya juga melakukan sosialisasi di beberapa kegiatan adat dan tradisi yang ada di Kecamatan Depok. Hal itu dilakukan semata-mata agar masyarakat bisa lebih mengetahui pelaksanaan Pemilu 2024.

Sementara itu, Ketua Panwascam Depok, Dede Kurniawan, mengatakan, dengan kolaborasi yang baik antara PPK dan Panwascam pihaknya berharap pelaksanaan Pemilu di Kecamatan Depok bisa berjalan dengan baik dan juga kondusif.

“Dari mulai tahapan hingga saat ini Alhamdulillah kondusifitas di Kecamatan Depok cukup baik dan kondisi ini diharapkan bisa sejalan sampai dengan pelaksanaan nanti,” katanya.

Kecamatan Depok saat ini lanjut Dede, akan ada 198 TPS dengan jumlah DPT sebanyak 50.317 pemilih yang tersebar di 12 Desa. Jumlah TPS sendiri menurun dibandingkan pada pelaksanaan Pemilu 2019 silam.

“Saat ini juga kami terus memastikan kalau tahapan pelaksanaan Pemilu di Kecamatan Depok bisa berjalan sesuai dengan aturan yang ada,” ungkapnya.(Ismail) 

Related Articles

Back to top button