Ayumajakuning

Peringati Harkop Ke-76, Koperasi Didorong Menjadi Modern dengan Inovasi dan Kolaborasi

 

KUNINGAN-Seluruh koperasi di Kabupaten Kuningan terus didorong oleh Dinas Koperasi, Usaha, Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin) untuk menjadi modern dengan inovasi dan kolaborasi, agar semakin maju dan berkembang. Sehingga mampu mensejahterakan anggota sesuai fungsi utamanya.

“Koperasi adalah organisasi ekonomi yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat,” kata Bupati Kuningan, H. Acep Purnama pada peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-76 tingkat Kabupaten Kuningan di Halaman Setda, Senin (17/7/2023).

Menurutnya,  koperasi sekarang harus mampu menjawab tantangan zaman serta memiliki daya saing dan daya sanding yang besar bagi kemajuan koperasi itu sendiri.

“Kekuatan bersama atau kolektif menjadi kunci sukses koperasi,” ujarnya.

Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, Uu Kusmana menyampaikan, peringatan Harkop tahun ini disatukan dengan Upacara Hari Kesadaran Nasional, sebagai momentum yang pas untuk lebih memasyarakatkan kembali gerakan masyarakat sadar koperasi (Gemaskop). “Hal itu merupakan wujud bangga berkoperasi,”ucapnya.

Ia mengemukakan, dalam upaya menuju modern berinovasi dan kolaborasi, pihaknya melibatkan pilar-pilar ekosistem koperasi dengan banyak lembaga pendukung sekaligus profesi penunjang perkoperasian.  Di antaranya melalui penguatan Program Desa Pinunjul dan Kecamatan Koperasi yang diharapkan dapat memberikan semangat yang lebih besar bagi pertumbuhan serta perkembangan potensi K-UMKM lokal agar bertambah profesional, mandiri, kuat dan berdaya saing serta semakin tumbuh besar peranannya dalam perekonomian nasional dan daerah.

Ketua Panitia Harkop ke-76 tahun 2023 merangkap Plh Kabid Koperasi Diskopdagperin Kabupaten Kuningan,  Alvin Fitranda menyebutkan, ada 11 giat strategis yang berhasil diupayakan dalam memeriahkan Harkop ke-76. Yakni, membuat surat himbauan pemasangan spanduk harkop, penilaian Satyalancana Pembangunan Bupati Kuningan, roadshow Program Kolaborasi Anjangsana dan Bina Edukasi Koperasi (Prokasi Abadi Koperasi) bersama tim Penggerak PKK kepada 32 kecamatan, pembiayaan akta notaris badan hukum koperasi,  penilaian koperasi berprestasi, pemberian Penghargaan Desa Pinunjul Koperasi, program kerja sama dengan BPJS ketenagakerjaan. Kemudian pelaksanaan donor darah bekerja sama dengan PMI,  pemasangan twibbon dan umbul-umbul di lingkungan SKPD serta sekretariat koperasi, taping ucapan bupati pada Harkop ke-76 untuk dishare di masyarakat serta mengisi stand K-UMKM pada gelaran Harkop tingkat provinsi pada 27-29 Juli 2023  di kawasan Central Park Meikarta Kabupaten Bekasi.

Sementara itu, dengan pertimbangan kiprahnya selama ini, sebanyak 18 desa dan kelurahan di Kabupaten Kuningan diberi Penghargaan Koperasi Desa/Kelurahan Pinunjul  2023, yang diserahkan pada Peringatan Hakop ke-76.(Yan)

 

Related Articles

Back to top button