Saba Desa

Desa Ambit Realisasikan DD

CIREBON –  Pemerintah Desa Ambit Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon, perbaiki saluran tersier. Kuwu Desa Ambit, Noerwandi mengatakan, perbaikan saluran terseir untuk memperlancar air bagi pertanian.

“Sekitar 175 meter saluran yang diperbaiki di Dusun Pahing,” katanya, usai acara Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari kecamatan setempat, Selasa (4/7/2023).

Kuwu dua periode ini menjelaskan, salah satu realisasi  Dana Desa (DD) tahap 1 berupa perbaikan saluran tersier dan telah selesai diperbaiki. Dengan adanya monev dari kecamatan ini, untuk mengetahui realisasi anggaran yang didapat desa berikut pengalokasiannya. “Usai memeriksa berkas di balai desa, kemudian tim monev kecamatan meninjau lokasi saluran,” jelasnya.

Masih dikatakan Noerwandi, sebagai desa yang mayoritas pertanian, tentunya membutuhkan air yang mencukupi untuk mengairi sawah maupun kebun. Maka keberadaan saluran tersier sangat dibutuhkan, sehingga pihak desa menganggarkan dari DD. “Begitu DD cair, langsung dialokasikan sesuai peruntukkannya dan Alhamdulillah, sudah terselesaikan,” ujarnya.

Dirinya mengajak masyarakat dan petani untuk merawat sarana dan prasana yang diperbaiki, agar dapat dimanfaatkan bagi generasi mendatang. “Kami ucapkan terima kasih atas peran serta masyarakat dan petani juga pihak terkait, yang realisasikan program desa,” ucap Noerwandi.(Supra)

 

Back to top button