CirebonRaya

Manjakan Masyarakat Kabupaten Cirebon, Taman Pataraksa Bakal Dilengkapi Galeri dan Ikon Cirebon

CIREBON- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon segera melanjutkan pembangunan Taman Pataraksa di depan Kantor Bupati Cirebon, yang berada di Kecamatan Sumber. Bahkan tidak tanggung-tangung, Provinsi Jawa Barat mengelontorkan anggaran Rp 4,5 miliar untuk lanjutan bangunan Taman Pataraksa.

Pantauan KC di lokasi proyek pembangunan Taman Pataraksa, Minggu (25/6/2023), pagar seng setinggi dua meter masih dipasang untuk menghindari orang yang tidak berkepentingan masuk ke dalam area. Beberapa bagian konstruksi mulai mengalami kerusakan dan rumput liar pun terpantau sedang dilakukan perbaikan dan pembersihan oleh DLH Kabupaten Cirebon

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan Hardiawan mengatakan,  tahun ini pembangunan Taman Pataraksa kembali dilanjutkan. Proses lelang pekerjaan sudah dilaksanakan.

Pemerintah Kabupaten Cirebon, kata Iwan, mendapatkan bantuan gubernur sebesar Rp 4,5 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menuntaskan proyek tersebut. “Sejak awal, rencana pembangunan taman ini dilakukan dua tahap. Kali ini, adalah tahap kedua,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, dalam lanjutan pembangunan Taman Pataraksa ini, bakal dibangun gapura pintu masuk, galeri dan infrastruktur lainnya. “Mudah-mudahan tahun ini sudah selesai dan bisa dinikmati masyarakat,” harapnya.

Seperti diketahui, beberapa tahun lalu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, pembangunan Taman Patarksa tersebut harus dilanjutkan.

Menurut Uu, kalau pembangunan tidak dilanjutkan, dikhawatirkan tidak bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Cirebon. “Kami pastikan tidak ada pembangunan yang sepotong-sepotong. Namun, terkait waktu pembangunan akan dibahas kembali,” ujar Uu.

Taman Pataraksa yang berada di tengah Kompleks Pemerintahan Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Drajat, Kecamatan Sumber, saat ini terlihat adanya pembangunan. Landmark baru ini akan disulap menjadi kebutuhan ruang publik, yakni menjadi taman yang nantinya akan dimasukkan beberapa unsur khas lokal Cirebon.

Beberapa fasilitas yang akan diterapkan di Taman Pataraksa, mulai dari galeri hasil karya seni dan kerajinan produk lokal, tempat untuk pementasan budaya, serta tempat pertemuan bagi tamu-tamu daerah.(Iwan)

 

Related Articles

Back to top button