CirebonRaya

Serap Aspirasi Publik, MPR RI Jalin Kerja Sama dengan IAIN Cirebon

CIREBON – IAIN Syekh Nurjati mendapat kunjungan kerja dari Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia. Kunjungan tersebut dilakukan melalui kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) MPR RI yang diselenggarakan di salah satu hotel di Cirebon.

Pada kegiatan tersebut juga dilangsungkan penandatanganan kerjasama antara MPR RI dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H Aan Jaelani mengatakan, kunjungan MPR RI ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon sebagai bentuk silaturahmi antara lembaga dan untuk merajut kerjasama antara MPR RI dengan IAIN Cirebon.

“Saya mengistilahkan silaturahmi ini dengan sebutan ta’aruf dan ta’aruf ini kita artikan sebagai komunikasi publik, sehingga dengan komunikasi ini kita bisa melayani publik. Sehingga dengan ta’aruf ini menuntut kita adanya interaktif, dialog atau hubungan timbal balik,” ujarnya.

Aan juga menjelaskan, kunjungan rombongan MPR RI ini sebagai timbal balik dari beberapa kali kunjungan silaturahmi civitas IAIN Cirebon, yakni mahasiswa Tata Negara IAIN Cirebon ke gedung MPR RI.

“Forum Konsultasi Publik ini, kalau di IAIN Syekh Nurjati Cirebon ada namanya akreditasi program studi, progam studi dengan 9 kriteria sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020 dan No 2 Tahun 2019 tentang Penyusunan Akreditasi untuk LKPS, yakni Laporan Kinerja dan Program Studi, saya kira ini menjadi bagian kita, MPR RI terutama bagian Humas ke depan bisa terus merajut kerjasama ini secara simultan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas MPR RI, Siti Fauzih dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kunjungan MPR RI sebagai sahabat kebangsaan untuk menyerap informasi dan masuk-masukan dari civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Selain itu, kegiatan ini adalah untuk mempererat silaturahmi antara MPR RI dengan IAIN Cirebon dan silaturahmi ini bisa dirajut dengan kerjasama melalui program-program yang ada di MPR maupun di IAIN Cirebon. “Jadi kegiatan Forum Konsultasi Publik MPR RI ini sangat sesuai sebagaimana tema kegiatan yakni peningkatan kualitas pelayanan publik MPR RI (layanan audensi penerimaan delegasi dan layanan informasi MPR RI),” ujarnya.

Selain itu, jelasnya, pihak MPR RI selalu siap membuka diri dan mempersilakan siapa saja untuk datang konsultasi dengan pihak MPR RI, dan kunjungan balik MPR RI ini juga dalam rangka mengisi dari apa yang menjadi kekurangan MPR RI.

“Kita ingin mendapatkan masukan, kemudian sebagai bentuk informasi, MPR juga sudah memiliki buku digital dan di dalam buku digital ini banyak informasi terkait MPR RI dan buku ini bisa di akses langsung bahkan aplikasinya bisa di download,” tambahnya.

Untuk itu, kata Siti Fauziah, siapapun bisa mendownload di play store sehingga bisa melihat dari hasil-hasil yang ada di MPR. “Saya sebagai Kepala Biro Humas MPR RI ingin menyerap informasi dan masukan yang kita butuhkan untuk di MPR RI, karena MPR RI itu adalah pelayanan masyarakat,” tuturnya.(Khrisna)

 

Related Articles

Back to top button