Saba Desa

Panonganlor Adakan Harjad 38 Tahun

CIREBON – Masyarakat dan Pemerintah Desa Panonganlor Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon, rencanakan hari jadi (harjad) ke 38 tahun.

Kuwu Desa Panonganlor, Agus Syamsah mengatakan, peringatan harjad 30-31 Agustus mendatang merupakan bentuk ungkapan syukur pada yang Allah SWT yang telah memberikan karunia pada masyarakat. “Berbagai acara akan dilaksanakan saat Harjad nanti. Salah satunya, sunatan massal,” katanya, Jumat (22/6/2023).

Kuwu dua periode ini menjelaskan, Covid-19 berdampak pada hampir seluruh sektor. Tak terkecuali, untuk berkumpul. Seiring dicabutnya status Covid-19 oleh pemerintah pusat, maka diperbolehkan lagi untuk berbagai kegiatan.

“Sekitar dua tahun tidak ada peringatan Harjad karena Covid-19. sehingga, tahun ini mulai lagi diadakan peringatan harjad dan akan dilaksanakan setiap tahun,” jelas pria yang biasa dipanggil Gussyam.

Masih dikatakan Gussyam, peringatan Harjad sebagai bentuk melestarikan warisan leluhur, sehingga harus dilestarikan. “Budaya dan kesenian yang ada perlu dipromosikan, salah satunya melalui burok dan pagelaran wayang,” ujarnya.(Supra)

Back to top button