Ayumajakuning

Peringati Hari Donor Darah Sedunia, UTD PMI Majalengka Gelar Gebyar Donor Darah Sukarela

MAJALENGKA-Memperingati Hari Donor Darah Sedunia tahun ini, Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Majalengka, melaksanakan gebyar donor darah sukarela dengan membagikan ratusan doorprize menarik serta kaos untuk pendonor sukarela, di gazzebo GGM Majalengka, Minggu (18/6/2023).

Dari kegiatan yang memanfaatkan momentum jalan bebas kendaraan bermotor (car free day) di Lapangan GGM Majalengka, terkumpul  107 kantung darah berbagai golongan.

Pada kegiatan tersebut banyak masyarakat yang berada di kawasan GGM antusias untuk mengikuti donor darah, karena selain donor darah, panitia kegiatan  juga memfasilitasi pemeriksaan kesehatan gratis bagi pengunjung GGM.

Ketua Panitia Gebyar Donor Darah Sukarela, Sylvia D.N mengungkapkan, kegiatan donor di pusat keramaian dan peringatan Hari Donor Sedunia, yang jatuh pada  14 Juni dilaksanakan,  untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah. Selain bisa membantu menyelamatkan nyawa, donor darah juga meyehatkan tubuh pendonor.

“Kegiatan ini sebagai puncak Hari Donor Darah Sedunia, dengan tema tahun ini ‘Kami Hidup Karena Kami Memberi, Berikan Darahmu, Berikan Plasmamu, Bantu Kehidupan,  Bantu Sesama.Kebetulan setiap minggu di GGM diadakan CFD jadi moment yang sangat tepat untuk mengajak masyarakat berdonor,” tuturnya.

Ia menyampaikan, untuk menarik masyarakat berdonor panitia menyiapkan doorprize sebanyak 100  kaos bagi 50 pertama yang melakukan donor darah.

” Alhamdulilah dengan kegiatan hari ini terkumpul 107 kantung labu dari pendonor sukarela, terdiri dari golongan darah A 26 labu, B 23 labu , O 49 dan AB 9 labu. Mudah-mudahan dengan peringatan Hari Donor Darah Sedunia bisa membantu bagi mereka yang membutuhan darah,” ucapnya.

Sementara itu, Saripudin yang mengikuti donor darah sukarela merasa senang dengan adanya kegiatan tersebut.

“Saya melakukan donor darah untuk kesehatan, semoga dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memotivasi pendonor darah lainnya dan lebih banyak pendonor darah pemula,” katanya.(Tati)

 

 

 

 

Related Articles

Back to top button