CirebonRaya

Cegah Kepunahan, Pemkab Segera Bangun Gedung Kesenian

CIREBON-Direncanakan tahun depan akan dibangun gedung kesenian. Demikian dikatakan Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Aan Setiawan. “Setelah di wilayah barat ada gedung kesenian, direncanakan tahun depan di wilayah Kecamatan Pabedilan akan dibangun gedung kesenian,” katanya usai acara senam ‘Sicita’ di sekitar Kecamatan Gebang, Minggu (17/6/2023).

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, budaya dan kesenian yang hampir punah, perlu adanya peran seluruh pihak. Salah satunya, pihak kabupaten yang akan membangun gedung kesenian. “Dengan adanya gedung kesenian nanti, akan ada generasi penerus untuk budaya dan seni daerah,” jelasnya.

Masih dikatakan Aan, banyaknya kebudayaan dan kesenian Kabupaten Cirebon. Salah satunya burok, akan mengundang masyarakat untuk datang dan tetap lestari. “Covid-19 berdampak pada hampir seluruh sektor, tak terkecuali hiburan yang dilarang untuk manggung. Seiring sirna Covid-19, masyarakat beraktivitas normal dan hiburan diperbolehkan, maka kesenian juga budaya dapat kembali tampil,” paparnya.

Aan menambahkan, keprihatinan akan punahnya kesenian dan kebudayaan daerah, maka salah satu upaya yang dilakukan dengan menggandeng seniman dan membangun gedung kesenian di wilayah timur.

“Peran seniman sangat berpengaruh pada kesenian dan kebudyaan daerah juga desa di Kabupaten Cirebon,” ujarnya.

Dirinya mengajak para seniman untuk terus lakukan inovasi dan mencetak generasi penerus, agar kesenian dan kebudayaan daerah tidak punah. “Mari kita bersama melestarikan budaya dan kesenian yang ada,” ajak Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon ini.(Supra)

Back to top button