Finansial

Dua Pekan Jelang Idul Adha, Penjualan Sapi Kurban Masih Sepi

CIREBON-Jelang Idul Adha yang kurang lebih dua pekan lagi, pedagang hewan kurban khusunya sapi mengaku penjualannya masih sepi dari pembeli, Kamis (15/6/2023). Stok hewan kurban hingga kini, masih cukup melimpah untuk memenuhi kebutuhan warga jelang hari raya idul qurban tahun ini.

Pedagang sapi kurban UD Lembu Suro, Eko mengatakan, sapi kurban di wilayah Cirebon agak menurun dibandingkan tahun lalu. “Penjualan masih menurun. Mungkin masyarakat yang kurban masih mencari-cari sapi,” katanya.

Menurutnya, sapi-sapi yang dijual tetap dalam pengawasan dari Dinas Peternakan. Karena, sapi bukan hanya dari Cirebon saja, melainkan ada yang dari wilayah jawa. “Sapi-sapi juga harus diperiksa kesehatannya,” ujar Eko.

Dijelaskan Eko, bagi masyarakat yang ingin berkurban dan membeli hewan qurban, harus teliti. Sapi atau hewan qurban yang terutama harus dibeli adalah hewan yang sehat. “Sehat luar dalam. Tidak terkena penyakit mulut dan kuku (PMK), juga tidak cacat fisik,” jelasnya.

Eko menambahkan, dimungkinkan mendekati lebaran penjualan meningkat. Namun demikian, persaingan penjualan juga semakin meningkat dikarenakan sudah mulai muncul pedagang-pedagang hewan kurban. “Kami menjual sapi kurban dari harga 20-80 juta. Semoga tidak ada lagi serangan PMK yang merugikan para peternak atau pedagang sapi kurban,” pungkasnya.(Jaka)

Related Articles

Back to top button