CirebonRaya

Mundur dari Gerindra, Affiati Anggota DPRD Kota Cirebon Daftar Bacaleg NasDem

CIREBON- Mantan Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati, resmi masuk Partai NasDem untuk mendaftarkan diri sebagai bacaleg dari partai tersebut pada Selasa (9/5/2023). Ia masuk ke Partai NasDem sehari sebelum partai besutan Surya Paloh tersebut mendaftarkan seluruh bacalegnya ke KPU pada Rabu (10/5/2023) ini.

Masuknya Affiati ke Partai NasDem sudah diduga jauh-jauh hari, sebab sang suami, H Zaenal Muttaqin (HZM) terlebih dahulu mendaftarkan diri sebagai bacaleg Partai NasDem untuk maju di Pileg DPR RI.

Sebelum mendaftarkan diri ke Partai NasDem, sehari sebelumnya Affiati resmi mundur dari Partai Gerindra, partai yang mengantarkannya menuju kursi ketua DPRD pada Pileg 2019 lalu. Surat pengunduran diri ke Partai Gerindra ini ia berikan langsung kepada Ketua DPC Partai Gerindra Kota Cirebon, H Eman Sulaeman.

“Alhamdulillah kita kedatangan anggota baru untuk mendaftarkan diri sebagai bacaleg Partai NasDem,” ujar Ketua DPD Partai NasDem Kota Cirebon, Hj. Eti Herawati, dalam sambutannya saat pemberian kartu tanda anggota Partai NasDem kepada Affiati di Sekretariat Partai NasDem Kota Cirebon di Kecamatan Harjamukti.

Ke depan, tambah Eti, para bacaleg harus sama-sama berjuang sehingga target partai bisa tercapai. Menurutnya, bacaleg yang mendaftar lewat Partai NasDem banyak yang mumpuni. Di antaranya, tokoh muda Kota Cirebon, pengusaha, termasuk kini Affiati.

“Kita targetkan kursi NasDem bisa terdongkrak di DPRD Kota Cirebon, bisa naik hingga 100 persen,” ungkapnya.

Sementara itu, Affiati mengungkapkan rasa syukurnya usai masuk Partai NasDem. “Alhamdulillah saya sekarang di NasDem dengan harapan untuk pendaftaran bacaleg, semoga diridhoi Allah Swt,” tuturnya.

Ia berharap, dengan masuknya dirinya ke Partai NasDem maka akan bisa menambah keberhasilan partai tersebut dalam menambah kursi di DPRD Kota Cirebon.

Seperti diketahui, Affiati yang merupakan mantan ketua DPRD Kota Cirebon terpaksa harus merelakan pucuk pimpinan di DPRD kepada rekan separtainya di Partai Gerindra, Ruri Tri Lesmana. Ia kini merupakan anggota DPRD Kota Cirebon di Komisi I.

Sebelum lengser dari kursi ketua DPRD, Affiati mencatat sejarah baru di DPRD Kota Cirebon, sebab ia merupakan ketua DPRD perempuan pertama di Kota Cirebon. Saat Pileg 2019, ia berhasil mendapatkan 4.311 suara di Dapil Kesambi. Namun di tengah perjalanan, terjadi persoalan yang membuat Affiati menggugat Partai Gerindra sebab terbit SK ketua DPRD baru untuk Ruri Tri Lesmana. Namun gugatan Affiati kandas di tengah jalan.

“Apa yang saya raih di 2019 mudah-mudahan bisa terulang di 2024 melalui Partai Nasdem,” ujarnya.

Ia mengklaim memiliki ribuan pemilih setia di Dapil Kesambi. Menurutnya, pada Pileg 2019 tersebut, para pemilih melihat sosoknya, dan bukan suara partai. “Insya Allah konstituen setia, target bisa dapat 5 ribu suara lebih,” tuturnya.

Affiati menyebutkan saat ini ia mundur satu langkah untuk maju 10 langkah untuk menggambarkan mundurnya dirinya dari Partai Gerindra kemudian maju sebagai bacaleg dari Partai NasDem.

“Mundur satu langkah untuk maju 10 langkah, begitu ibaratnya. Saya pilih NasDem karena melihat ada peluang, kebetulan kan suami juga (HZM) masuk partai Nasdem untuk maju sebagai bacaleg DPR RI,” ujarnya.

Ia mengaku sempat ‘melirik’ partai lainnya sebelum berlabuh di Partai NasDem. “Ada Golkar, PKB, dan PPP. Tapi yang membuat saya pilih NasDem, selain ada peluang, juga karena hasil dari nasehat Buya Said Akil Siradj yang menyebutkan lebih baik saya ke NasDem. Kemudian, sering curhat juga dengan Ibu Wakil (Eti Herawati) terkait banyak peristiwa, mungkin sama-sama perempuan, akhirnya nyambung,” ungkapnya.

Menurutnya, posisinya saat ini masih menjadi anggota DPRD Kota Cirebon meski sudah mundur dari Partai Gerindra, karena DPRD Kota Cirebon belum melakukan rapat paripurna terkait kemunduran dirinya. “Saya masih ngantor. Saya ikut prosedur saja, kita lihat situasi dan kondisi ya, tapi saya masih ngantor,” katanya.(Fanny)

Related Articles

Back to top button