Ayumajakuning

Gelar Operasi Ketupat Lodaya, Puluhan Awak Angkutan Umum Dites Urine

MAJALENGKA, (KacenewsId).-Satuan Narkoba Polres Majalengka melakukan  tes urine terhadap puluhan awak angkutan elf dan bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) serta kendaraan umum lainnya,  dalam  Operasi Ketupat Lodaya 2023, yang berlangsung di Terminal Cipaku Kecamatan Kadipaten, Kamis (13/4/2023).

Semua kendaraan elf dan bus AKAP ataupun AKDP yang melintas di ruas jalan Bandung-Cirebon serta jurusan Bekasi dan Jakarta dibelokan terlebih dulu ke Terminal Cipaku, lalu pengemudi ataupun kondektur diminta memeriksakan urine terlebih dulu untuk diuji kandungannya.

Tidak butuh waktu lama,  hasil pemeriksaan tes urine  telah keluar. Sehingga para penumpang angkutan umum ini waktunya tidak banyak terganggu akibat aktivitas tersebut.

Kasat Narkoba Polres Majalengka Ajun Komisaris Polisi (AKP) Tatang Sunarya mengungkapkan, tes urine terhadap para supir dilakukan untuk memastikan  para pengemudi tidak ada yang mengonsumsi narkotika. Sehingga dapat menjaga keselamatan para penumpang yang diakibatkan oleh “human error” pengemudi.

“Orang yang mengonsumsi narkoba sangat besar pengaruhnya, apalagi pengemudi. Untuk itu awak angkutan harus dipastikan benar-benar steril dari narkoba,” katanya.

Menurutnya, dalam kegiatan yang melibatkan Dinas Perhubungan, Organda  dan petugas kesehatan ini,  selain dilakukan tes urine, awak angkutan umum ini  juga diukur tekanan darahnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan ada yang mengalami hipertensi atau sebaliknya mengalami tekanan darah rendah.

“Bagi yang tekanan darahnya rendah atau sebaliknya, mereka disarankan untuk tidak bekerja sementara waktu, hingga konsidi kesehatan mereka pulih.Darah rendah ataupun darah tinggi akan mengganggu keselamatan perjalanan,” katanya.

Ia menyebutkan,  dari 50 orang pengemudi angkutan umum yang menjalani  pemeriksaan urine, tidak seorangpun yang dinyatakan mengonsumsi narkoba serta semua dalam kondisi normal dan sehat.

“Kami juga akan melakukan tes urine di terminal lainnya, yang dilintasi kendaraan AKAP dan AKDP  selama menjelang Lebaran,” ujarnya.(Tati)

 

Related Articles

Back to top button