Ayumajakuning

Semarakan Ramadan, Generasi Muda Winduhaji Antusias Ikut Pesantren Kilat

KUNINGAN, (KacenewsId).-Generasi Muda Kelurahan Winduhaji  mengikuti kegiatan pesantren kilat  dengan berbagai materi Study Islam Intensif  dan pengetahuan umum, di  Masjid Al-Muawwanah, pada 22 Maret-15 April 2023).

Ketua Panitia Pesantren Kilat Ramadan 1444 H/2023 Vega Maulana didampingi  Koordinator Divisi Kurikulum Faturrachman mengungkapkan,  kegiatan ini dilaksanakan untuk menyemarakan Ramadan,  agar anak muda bisa menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan,  bermanfaat dengan  belajar ilmu agama,  pengetahuan dan kegiatan memakmurkan masjid lainnya.

Ia menyebutkan, materi yang disampaikan dalam pesantren  kilat ini berupa  study Islam intensif  seperti  belajar  tajwid, tauhid, tarekh, akhlak, fiqih, dan hafalan. Kemudian pengetahuan umum seperti belajar tentang ilmu komunikasi. Karena hal ini penting sebagai bekal generasi muda dalam kemampuan bicara dan menulis.

Selanjutnya dilakukan buka bersama, evaluasi, perlombaan, penutupan dan  pawai obor pada malam Hari Raya Idulfitri, dengan peserta sebanyak 654 orang mulai dari anak-anak hingga remaja.

“Kegiatan pesantren kilat ini berlangsung tiap tahun, bahkan pesertanya terus bertambah. Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya,” ucapnya.

Sementara itu, Nana Suhendara dari perwakilan Diskominfo Kabupaten Kuningan menyampaikan materi  ilmu komunikasi yakni “Pandai Bicara, Lincah Menulis”.

“Secara tehnik  hal yang perlu diperhatikan untuk public speaking,  kuasai materi dan  percaya diri di hadapan audiensi, ” katanya.

Untuk menjadi penulis, lanjut Nana, pertama yang harus dilakukan dengan rajin membaca karena akan menambah pembendaharaan kata. Lalu pahami struktur, unsur dan aturan  apa yang harus dipenuhi dalam tulisan tersebut.

“Jadikanlah  lisan dan jari kita sebagai media untuk menebar kebaikan, memberikan kabar gembira  di ruang nyata maupun di ruang digital. Kendati hal kecil yang disampaikan,  semoga akan membuka ruang pikiran dan hati setiap yang mendengarkan atau membaca untuk belomba-lomba dalam kebaikan ‘Fastabiqul Khairat,” tuturnya.(Emsul)

Related Articles

Back to top button