Ayumajakuning

Pesantren Ramadan Lansia Sarana Tingkatkan Iman dan Takwa

INDRAMAYU, (KacenewsId).-Sebanyak 47 orang lanjut usia (lansia) dari berbagai blok di Desa Tegalurung Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu, mengikuti kegiatan pesantren Ramadan yang dilaksanakan relawan Inspirasi Desa Berdaya.

Relawan Inspirasi Desa Berdaya Tegalurung, Lastri Mulyani mengungkapkan, setiap Ramadan pihaknya rutin menyelenggarakan  pesantren Ramadan bagi para lansia yang berdomisili di Desa Tegalurung.

“Pesantren Ramadan kali ini, merupakan kegiatan tahun ketiga,” ujarnya, Senin (10/4/2023).

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan selama 12 hari diisi tadarus Alquran, dengan target khatam 3 kali. Sedangkan bagi lansia yang belum lancar, belajar membaca Iqra dilanjut dengan penyampaian materi dari berbagai kalangan. Seperti UPTD Puskesmas Balongan, UPTD KB, Kantor KUA Kecamatan Balongan dan ustad setempat.

Ia menyebutkan, materi yang disampaikan bukan hanya tentang keagamaan, tetapi juga ada materi tentang kesehatan dan gizi. Kemudian diselingi dengan kuis dan bagi lansia yang dapat menjawab akan diberikan hadiah.

“Tujuan dari kegiatan ini, supaya para lansia bisa lebih meningkatkan iman dan takwa, dengan tadarus bersama dan menerima materi-materi yang disampaikan. Sekaligus  menjadikan Ramadan lebih produktif lagi,” katanya.

Sementara itu, salah seorang peserta Karci (80 tahun) mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan pesantren Ramadan. “Alhamdulillah, saya bisa mengikuti kegiatan pesantren Ramadan dan bisa bertemu dengan teman-teman sesama lansia, sekaligus dapat hadiah,” ucapnya.(Ratno)

 

Related Articles

Back to top button