Ayumajakuning

Jelang Lebaran, Ratusan KPM Terima Bantuan Beras dari Bulog

MAJALENGKA, (KacenewsId).-Menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H sebanyak  172.745  kelompok penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Majalengka menerima bantuan beras dari Badan Urusan Logistik (Bulog), yang disalurkan sejak Sabtu (8/4/2023).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Majalengka Irwan Dirwan, saat meninjau penyerahan bantuan di Desa Bantarujeg mengungkapkan, beras yang didistribusikan merupakan program dari Badan Pangan Nasional (Bapanas), berdasarkan Keputusan Kepala Bapanas Nomor 71/KS/03.03/K/3/2023 tentang Bantuan Pangan yang dikeluarkan oleh Perum Bulog di masing-masing daerah.

Kemudian data penerima bersumber DTKS dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan pihak yang diberi kewenangan untuk menyalurkan adalah Kantor Pos. Sedangkan Pemkab Majalengka hanya melakukan pengawasan dan membantu proses penyaluran bantuan tersebut.

“Ini merupakan rangkaian dari program Badan Pangan Nasional dan kami melakukan pengawasan serta membantu proses penyaluran, yang setiap penerima manfaat mendapatkan 10 kg beras dengan batas akhir penyaluran hingga 19 April 2023,” katanya.

Menurutnya, para penerima manfaat merupakan warga miskin yang datanya sudah masuk dalam DTKS. Sehingga bantuan ini diharapkan bisa meredam gejolak inflasi yang diakibatkan oleh kenaikan harga beras dan bahan pokok lainnya. Sekaligus membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran.

Sementara itu, Nani warga Desa Bantarujeg  merasa bahagia dengan adanya bantuan beras yang diberikan pemerintah di saat bulan puasa dan menjelang Lebaran.

“Dengan adanya bantuan beras ini sangat membantu kami di saat  Ramadan. Selain untuk makan bisa dipergunakan juga untuk zakat fitrah,”katanya.(Tati)

Related Articles

Back to top button