Pendidikan

Selama Sepekan SMPN 1 Gelar Kegiatan Sanlat

CIREBON – Hari pertama sekolah usai libur awal Ramadan, siswa kelas IX SMP Negeri 1 (Spensa) Kota Cirebon menjalankan Pesantren Kilat (Sanlat) yang akan dilaksanakan selama satu pekan di sekolah setempat.

Agenda kegiatan selama Ramadan 1444 H bertemakan ‘Spensa mencetak generasi Agamis Pintar Inovatif Kompetitif (APIK) menjadi pemimpin masa depan’ akan dilakukan bergiliran tiap kelas di setiap satu pekannya.

Satu pekan ini kelas IX dulu yang melaksanakan Sanlat, kelas VII dan VIII melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas. Minggu kedua kelas VIII, kelas VII dan IX melaksanakan KBM.

“Begitupun nanti saat kelas VII melaksanakan Sanlat, kelas VIII dan IX melaksanakan KBM. Jadi bergiliran setiap minggunya,” kata Koordinator Sanlat SMPN 1 Kota Cirebon, Asep Syaefurrachman, Senin (27/3/2023).

Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tersebut menjelaskan, selama Sanlat siswa siswi atau santri diberikan lima materi seperti Fiqh Remaja yang mempelajari hukum-hukum agama Islam yang berkaitan dengan remaja atau masa pubertas, Amazing Character Building guna membangun karakter yang kuat dan positif pada santri, Bedah Tajwid Santai (BTS) yang merupakan membahas kaidah-kaidah tajwid dengan cara yang santai, menarik dan mudah dipahami santri.

Ada spiritual motivation building guna membangun motivasi spiritual pada santri, dan DHUTTA Lover yang merupakan program pembiasaan sholat Dhuha, Tahajud dan Tadarus sudah pilihan juz 30.

“Sebelumnya dilakukan pembukaan Sanlat dan Munggahan ala Spensa Marhaban Yaa Ramadhan dahulu. Kegiatan Sanlat berbagai macam, ada tadarus juz 30, sholat Dhuha, sholat Dhuhur berjamaah, berbagi ta’jil di sekitar Jalan Siliwangi di tiap jumat dan kegiatan lain sebagainya,” jelas Asep.

Selain itu, Asep menambahkan, puncak kegiatan nanti di Nuzulul Qur’an pada 13 April 2023. Nantinya, para santri melakukan buka bersama dan tarawih bersama. “Sesuai materi, kita berharap anak atau siswa semakin memperkuat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sisi karakter sehingga anak punya karakter positif maupun islami, paham ilmu fiqih, ketika anak-ini besar tidak menjadi orang yang sombong, segala usahanya tetap bergantung pada Allah Swt dan lain sebagainya,” harapnya.

Sementara itu Wakil Kepala SMPN 1 Kota Cirebon bidang Kurikulum (Wakasek Kurikulum),  Veni menuturkan, usai melaksanakan Sanlat siswa kelas IX akan melaksanakan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) setelah libur lebaran pada 2-9 Mei 2023 mendatang.

“Tidak ada UAN. Salah satu persyaratan kelulusan mengikuti PSAJ karena masih ada persyaratan kelulusan yang lain,” tuturnya.(Jaka)

 

Back to top button