Ayumajakuning

PPA dan POB Berperan Penting Mendorong Peningkatan Produktivitas Pertanian

KUNINGAN, (KacenewsId).-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) sangat mengapresiasi  kinerja ribuan petugas penjaga pintu air (PPA) dan penjaga operasi bendung (POB) yang bertugas di wilayahnya masing-masing.  Mereka sangat berperan dalam upaya mendorong peningkatan produktivitas padi yang bisa surplus 1,3 juta ton per hari. Sehingga tahun ini Jawa Barat mengalami swasembada nasional.

“Wahai PPA dan POB, semoga Allah memberkahi hidup kalian,” kata Gubernur Jawa Barat, H.M. Ridwan Kamil dalam kegiatan saresehan bersama PPA dan POB serta peringatan Hari Air Sedunia ke-31 tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Barat, di Kawasan Obyek Wisata Waduk Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan, Rabu (15/3/2023).

Kepala Dinas Sumber Daya Air (DSDA) Provinsi Jawa Barat, Dicky Ahmad Sidik mengemukakan, pihaknya berkomitmen  agar ketersediaan air minum bagi warga tetap terlayani. Sehingga tahun ini akan dioptimalkan menjadi tahun percepatan layanan air minum sanitasi masyarakat.

Sementara itu, menyoroti kinerja 4.000 lebih PPA dan POB yang merupakan perwakilan dari 6 wilayah sungai, dinilai sangat luar biasa.  Sebab mereka bekerja selama 24 jam dan tidak hanya menjaga pintu air, tapi juga berkaitan dengan infrastruktur, untuk menjaga ketersediaan air sawah. Agar capaian produktivitas tanaman padi tetap terjaga.

“Jawa Barat merupakan daerah yang memiliki aliran sungai terbanyak di Indonesia. Sehingga menjadi berkah yang patut disyukuri. Karena tinggal bagaimana memanfaatkan potensi air sungai tersebut, agar bisa bermanfaat maksimal untuk kepentingan masyarakat,” katanya.(Yan)

 

Related Articles

Back to top button