Pendidikan

Jelang PPDB, SMPN 3 Gelar Semesta 23

CIREBON – SMP Negeri 3 Kota Cirebon menggelar Semarak Expo SPENTA 2023 (Semesta 23) dengan menghadirkan siswa tingkat SD/MI. Siswa SD/MI dilibatkan untuk mengikuti game ranking 1 berhadiah dan diperkenalkan kepada kesenian maupun yang ada di SMP setempat, Rabu (15/3/2023).

Gelaran tahunan SMPN 3 yang dihadiri sejumlah kepala SMP Negeri se-Kota Cirebon yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Cirebon, Kadini yang bertemakan “Siswa Berkarya Sekolah Berjaya” mempertunjukkan pentas seni (Pensi) berupa Drama Musikal, Fashion Show, Tahfidz, Tari Kolosal, Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Dongeng dan Story Telling.

Kepala SMPN 3 Kota Cirebon, Hj Ade Rukmini mengatakan, pihaknya mengundang siswa beserta bapak ibu guru SD sekitar untuk mengenal sekolah dan memperkenalkan apa saja program-program maupun kegiatan SMPN 3.

“Expo ini ajang yang paling tepat untuk mempromosikan sekolah kepada SD yang ada di sekitar bahwa SMPN 3 ternyata juga bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain meskipun berada dipinggiran Kota. Ini waktu yang tepat jelang PPDB,” katanya.

Dijelaskan Ade, kegiatan Expo dikemas dalam Semesta 23. Ini merupakan ajang kreatifitas siswa kelas VII -VIII, sedangkan kelas VII tidak terlepas dari tuntutan P5. Dari 7 tema, SMPN 3 sudah 4 tema yang sudah di gelar.

Siswa kelas VII sudah menghafal Qur’an surah An Naba untuk membangun jiwanya serta siswa juga sudah menghasilkan senam kreasi SMPN 3 hingga dapat mengubah barang bekas menjadi barang bernilai ekonomis, membuat kompos dan lain sebagainya.

“Sekarang kelas VIII dan IX menampilkan Pensi di panggung sekolah yang sangat meriah,” jelasnya.

Sementara itu Kadisdik Kota Cirebon, Kadini mengungkapkan, kreatifitas dan hasil karya anak-anak merupakan kebanggaan semua terutama orang tua. Sekolah telah membina untuk berkreatifitas, berprestasi dan mempunyai semangat tinggi untuk belajar.

“Terima kasih buat semuanya. Apa yang telah anak-anak lakukan, buat bangga semuanya, terutama orang tua. Teruslah meningkatkan prestasi dan kepada bapak ibu guru teruslah membina dan memberikan yang terbaik kepada anak-anak agar kelak menjadi generasi emas,” ungkapnya.(Jaka )

Related Articles

Back to top button